Skripsi Indonesia
Penerapan Model Think Talk Write (TTW) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Bogor
Wita Purnamasari: “Penerapan Model Think Talk Write (TTW) dalam
Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 9 Bogor”. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor,2016.
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui efektipitas penggunaan model Think Talk
Write (TTW) terhadap kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bogor dalam
meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi serta untuk mengetahui kendalakendala yang dialami siswa ketika menulis karangan narasi dengan menggunakan
model Think Talk Write (TTW). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII
dengan mengambil sampel kelas VIII-F sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen
dan kelas VIII-E sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel
dengan teknik Think Pair Share (TPS). Hipotesis yang pertama dengan terbukti
kebenaranya, bahwa penggunaan model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan
kemampuan menulis karangan narasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan tes yang
dilakukan di kelas eksperimen, diperoleh hasil prates bahwa siswa mempunyai
kemampuan yang cukup mampu dengan nilai rata-rata 56 atau ditingkatkan
kemampuan 60% dan pada kelas kontrol prates, di peroleh hasil kurang mampu,
dengan nilai rata-rata 41,88 atau pada tingkat kemampuan 42 Hasil postes pada kelas
eksperimen diperoleh hasil bahwa siswa mempunyai kemampuan cukup mampu
dengan nilai rata-rata 91,31 atau ditingkatkan kemampuan 90% dan pada kelas
kontrol, diperoleh hasil cukup mampu dengan nilai rata-rata 71,38 atau ditingkat
kemampuan 83%. Hal ini menunjukan bahwa tes mengalami perbedaan antara nilai
hasil tes sebelum dan sesudah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan
model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan
narasi siswa pada kelas VIII SMP Negeri 9 Bogor. Hipotesis kedua juga terbukti
kebenarannya, bahwa siswa mengalami kendala dalam model Think Talk Write
(TTW). Hal tersebut terbukti berdasarkan hasil analisis angket, 15 siswa (46,8%)
mengalami kendala mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Think Talk
Write (TTW) 15 siswa (46,8%) mengalami kendala dalam menulis karangan narasi.
Kata kunci: Menulis Karangan Narasi, Model Think Talk Write (TTW).
2016SBI81.C1 | 81 PUR p 2016 | Rak Skripsi Indonesia (RSBI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain