Skripsi Indonesia
Penggunaan Metode Field Trip Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 3 Bogor
i
ABSTRAK
Evi Afianti: Penggunaan Metode Field Trip dalam Meningkatkan Kemampuan
Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 3 Bogor. Skripsi.
Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2016.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode field trip dalam
meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII
SMPN 3 Bogor, serta mengetahui kendala siswa saat menulis teks laporan hasil
observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan angket. Populasi
dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 3 Bogor. Sampel penelitian ini
adalah kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling.
Hipotesis pertama, yaitu penggunaan metode Field Trip dapat meningkatkan
kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMPN 3
Bogor, teruji kebenarannya. Hal ini terlihat dari hasil tes awal (prates) menulis teks
laporan hasil observasi pada kelas eksperimen yaitu dalam menulis teks laporan hasil
observasi tanpa menggunakan metode field trip dengan nilai rata-rata 41,10 dengan
interpretasi siswa tidak berhasil. Sedangkan pada hasil akhir (postes) menulis teks
laporan hasil observasi pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan
menggunakan metode field trip dengan nilai rata-rata 83,29 dengan interpretasi
berhasil. Berdasarkan dari hasil perhitungan terebut, maka diperoleh harga thitung =
3,12 dari hasil db = 60. Dan diperoleh harga t0 = 2,39 dan harga t0,95 = 1,67. dengan
demikian thitung lebih besar dari ttabel atau harga thitung signifikan karena ttabel < thitung,
yaitu 1,672,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang muncul dalam penggunaan
metode Field Trip dan penggunaan metode Field Ttrip dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas VII SMPN 3 Bogor teruji kebenarannya berdasarkan hasil angket
yang diperoleh bahwa setiap pertanyaan tentang kendala menulis teks laporan hasil
observasi melalui metode field trip hampir separuh siswa menjawab mengalami
kendala yaitu kendala saat mengumpulkan bahan dalam menulis teks laporan hasil
observasi , kendala dalam pemakaian EYD yang benar dalam menulis teks laporan
hasil observasi, kendala memilih kalimat yang efektif saat menulis teks laporan hasil
observasi, kendala dalam penggunaan struktur kalimat saat menulis teks laporan hasil
observasi, dan kendala saat menuangkan ide atau pikiran dalam menulis teks laporan
hasil observasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang
dirumuskan oleh peneliti baik hipotesis pertama maupun hipotesis kedua dapat teruji
kebenarannya berdasarkan data yang diperoleh.
Kata kunci: Field Trip, Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi.
2016SBI83.C1 | 83 AFI p 2016 | My Library (RSBI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain