Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penggunaan Metode Field Trip Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 3 Bogor
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Penggunaan Metode Field Trip Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 3 Bogor

Afianti, Evi/032112040 - Nama Orang;

i
ABSTRAK
Evi Afianti: Penggunaan Metode Field Trip dalam Meningkatkan Kemampuan
Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 3 Bogor. Skripsi.
Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2016.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode field trip dalam
meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII
SMPN 3 Bogor, serta mengetahui kendala siswa saat menulis teks laporan hasil
observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan angket. Populasi
dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 3 Bogor. Sampel penelitian ini
adalah kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling.
Hipotesis pertama, yaitu penggunaan metode Field Trip dapat meningkatkan
kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMPN 3
Bogor, teruji kebenarannya. Hal ini terlihat dari hasil tes awal (prates) menulis teks
laporan hasil observasi pada kelas eksperimen yaitu dalam menulis teks laporan hasil
observasi tanpa menggunakan metode field trip dengan nilai rata-rata 41,10 dengan
interpretasi siswa tidak berhasil. Sedangkan pada hasil akhir (postes) menulis teks
laporan hasil observasi pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan
menggunakan metode field trip dengan nilai rata-rata 83,29 dengan interpretasi
berhasil. Berdasarkan dari hasil perhitungan terebut, maka diperoleh harga thitung =
3,12 dari hasil db = 60. Dan diperoleh harga t0 = 2,39 dan harga t0,95 = 1,67. dengan
demikian thitung lebih besar dari ttabel atau harga thitung signifikan karena ttabel < thitung,
yaitu 1,672,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang muncul dalam penggunaan
metode Field Trip dan penggunaan metode Field Ttrip dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas VII SMPN 3 Bogor teruji kebenarannya berdasarkan hasil angket
yang diperoleh bahwa setiap pertanyaan tentang kendala menulis teks laporan hasil
observasi melalui metode field trip hampir separuh siswa menjawab mengalami
kendala yaitu kendala saat mengumpulkan bahan dalam menulis teks laporan hasil
observasi , kendala dalam pemakaian EYD yang benar dalam menulis teks laporan
hasil observasi, kendala memilih kalimat yang efektif saat menulis teks laporan hasil
observasi, kendala dalam penggunaan struktur kalimat saat menulis teks laporan hasil
observasi, dan kendala saat menuangkan ide atau pikiran dalam menulis teks laporan
hasil observasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang
dirumuskan oleh peneliti baik hipotesis pertama maupun hipotesis kedua dapat teruji
kebenarannya berdasarkan data yang diperoleh.
Kata kunci: Field Trip, Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi.


Ketersediaan
#
My Library (RSBI) 83 AFI p 2016
2016SBI83.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
83 AFI p 2016
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2016
Deskripsi Fisik
xvii, 213hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
83 AFI p 2016
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Field Trip
Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rina Rosdiana, M.Pd dan Dadan Suwarna, M.Hum
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?