Skripsi PGSD
Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match: Studi ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SDN 03 Warungkiara Kabupaten Sukabumi semester genap tahun pelajaran 2016/2017
Ayu Indah Permatasari, NPM 037113040. Peningkatan Hasil Belajar
Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Make A Match pada siswa kelas V di Sekolah
Dasar Negeri 03 Warungkiara Kecamatan Warungkiara Kabupaten
Sukabumi. Skripsi Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2017.Penelitian
ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan
secara kolaboratif dan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 03 Warungkiara Kecamatan
Warungkiara Kabupaten Sukabumi melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif Make A Match. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah
Dasar Negeri 03 Warungkiara sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 16 siswa
laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester
ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
peningkatan proses pelaksanaan pembelajaran siklus I nilai rata-rata yang
diperoleh yaitu 70 maka interpretasinya cukup. Kualitas pembelajaran
siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 86 dengan interpretasi baik.
Pada kualitas pembelajaran meningkat sebesar 16% telah mencapai KKM
75 dengan indikator keberhasilan 85%. Pada nilai rata-rata peningkatan
perubahan perilaku siswa siklus I yaitu 69 dan pada siklus II nilai perubahan
peningkatan perubahan perilaku siswa meningkat yaitu 85 dengan
interpretasi baik. Kemudian ketuntasan hasil belajar siswa mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial siklus I memperoleh nilai rata-rata yaitu 63
dengan ketuntasan hasil belajar 45% belum mencapai kriteria ketuntasan
minimal, kemudian harus dilakukan peningkatan pada siklus II dan
mengalami peningkatan sebanyak 41% pada siklus II memperoleh nilai
rata-rata yaitu 86 dengan ketuntasan belajar menjadi 86% yang mencapai
kriteria ketuntasan minimal.Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 03 Warungkiara
Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi. Selain itu, model
pembelajaran kooperatif Make A Match dapat meningkatkan keaktifan dan
kemampuan berpikir siswa dalam proses pembelajaran dilakukan.
2017SPGSD0054.C1 | 54 PER p | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain