Skripsi PGSD
Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam: Studi ini dengan pendekatan korelasional pada siswa kelas IV di SDN Ciheuleut 1 dan 2 Kota Bogor semester gasal tahun pelajaran 2015/2016
Leli Marselina. 037112153. Hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor 2017. Penelitian ini terdiri atas kemandirian belajar sebagai variabel bebas, dan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar ilmu pengetahuan alam.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kemandirian Belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner berskala lima untuk variabel kemandirian belajar dan pengambilan nilai rapor untuk data prestasi belajar ilmu pengetahuan alam. Uji validitas instrumen kemandirian belajar dan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam dihitung menggunakan rumus Product Moment Pearson dan untuk uji reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 1 dan Ciheuleut 2 Kota Bogor, berjumlah 111 siswa. Sampel yang diambil 87 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi 5 %. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mensurvai sampel dengan instrumen yang valid dan reliabel. Kemudian, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,92 dan diperoleh thitung sebesar 45,15. Ini menunjukan adanya hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,96 atau sebesar 96%. Hal ini berarti nilai prestasi belajar ilmu pengetahuan alam siswa sebesar 96% ditentukan oleh kemandirian belajar, melalui persamaan regresi Ŷ = -41,32 + 0,92X. dengan harga Fhitung sebesar 2008,6 lebih besar dari Ftabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 3,96, dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 96% dan sisanya 4% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Kemandirian Belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam.
Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
2017SPGSD0133.C1 | 133 MAR | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain