Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam: Studi ini dengan pendekatan korelasional pada siswa kelas IV di SDN Ciheuleut 1 dan 2 Kota Bogor semester gasal tahun pelajaran 2015/2016
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam: Studi ini dengan pendekatan korelasional pada siswa kelas IV di SDN Ciheuleut 1 dan 2 Kota Bogor semester gasal tahun pelajaran 2015/2016

Marselina, Leli/037112153 - Nama Orang;

Leli Marselina. 037112153. Hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor 2017. Penelitian ini terdiri atas kemandirian belajar sebagai variabel bebas, dan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar ilmu pengetahuan alam.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kemandirian Belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner berskala lima untuk variabel kemandirian belajar dan pengambilan nilai rapor untuk data prestasi belajar ilmu pengetahuan alam. Uji validitas instrumen kemandirian belajar dan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam dihitung menggunakan rumus Product Moment Pearson dan untuk uji reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 1 dan Ciheuleut 2 Kota Bogor, berjumlah 111 siswa. Sampel yang diambil 87 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi 5 %. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mensurvai sampel dengan instrumen yang valid dan reliabel. Kemudian, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,92 dan diperoleh thitung sebesar 45,15. Ini menunjukan adanya hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,96 atau sebesar 96%. Hal ini berarti nilai prestasi belajar ilmu pengetahuan alam siswa sebesar 96% ditentukan oleh kemandirian belajar, melalui persamaan regresi Ŷ = -41,32 + 0,92X. dengan harga Fhitung sebesar 2008,6 lebih besar dari Ftabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 3,96, dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 96% dan sisanya 4% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Kemandirian Belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam.
Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSP) 133 MAR
2017SPGSD0133.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
133 MAR
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2017
Deskripsi Fisik
xiv,165 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
133 MAR h 2017
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kemandirian Belajar
prestasi belajar ilmu pengetahuan alam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Sumardi, M. Pd. dan Elly Sukmanasa, M. Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?