Text
Penerapan Model Savi(Sometic Auditory Visualization And Intellectually) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Poster Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Cibinong.
Mukhul Bahari: Penerapan Model SAVI (Somatic Auditory Visualization and
Intellectually) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Poster Siswa Kelas
VIII SMPN 3 Cibinong. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2016.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model SAVI (Somatic Auditory
Visualization and Intellectually) untuk meningkatkan kemampuan menulis poster
siswa kelas VIII SMPN 3 Cibinong, serta mengetahui kendala siswa saat menulis
poster. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan observasi. Populasi dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 3 Cibinong. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah cluster random sampling. Hipotesis pertama, yaitu penerapan
model SAVI (Somatic Auditory Visualization and Intellectually) dapat meningkatkan
kemampuan menulis poster siswa kelas VIII SMPN 3 Cibinong, teruji kebenarannya.
Hal ini terlihat dari hasil tes awal (prates) di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata
60,34, sedangkan hasil tes akhir (postes) nilai rata-rata siswa meningkat menjadi
74,51. Hasil tes awal (prates) di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 62,17,
sedangkan pada tes akhir (postes) di kelas kontrol setelah diterapkan model example
non example nilai rata-rata siswa sedikit meningkat menjadi 70,28. Berdasarkan data
tersebut dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai siswa yang lebih baik
dengan menggunakan model SAVI (Somatic Auditory Visualization and
Intellectually), yaitu nilai rata-rata 60,34 menjadi 74,51. Berdasarkan hasil
penghitungan perbandingan mean menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga tₒ=
4,39, harga t₀₉₅= 1,67, dan harga t₀₉₉= 2,39 dengan demikian tₒ lebih besar dari tt
dengan perbandingan 1,672,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang
signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala
dalam menulis poster dengan model SAVI (Somatic Auditory Visualization and
Intellectually), terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis angket, terlihat
mengalami kendala saat merumuskan pesan, Hal ini ditunjukkan dengan tabel 4.13
yaitu 11 siswa atau 31% mengalami kendala dalam merumuskan pesan. Tabel 4.15
menunjukan 15 siswa atau 43% mengalami kendala dalam memilih kata-kata yang
menarik. Tabel 4.16 menunjukan 21 siswa atau 60% mengalami kendala dalam
meembuat gambar yang menarik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model
SAVI (Somatic Auditory Visualization and Intellectually) dapat meningkatkan
kemampuan menulis poster meskipun pada saat menulis poster, siswa mengalami
kendala
2017si0084.c1 | 84/BAH/p | Rak Skripsi Indonesia (rsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain