Skripsi Indonesia
Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Ma'arij Bojonggenteng Sukabumi.
Acep Risman Ismayudin: Penerapan Model Contextual Teaching and Learning
(CTL) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan pada Peserta
Didik Kelas VIII MTs Al-Ma’arij Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi,
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Contextual Teaching and
Learning (CTL) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan pada Peserta
Didik Kelas VIII MTs Al-Ma’arij Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi, serta untuk
mengetahui kendala yang dialami oleh peserta didik dalam menulis teks iklan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, non tes berupa observasi, dan angket.
Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis teks iklan, sementara angket
digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami oleh setiap peserta didik pada saat
proses belajar mengajar menggunakan model tersebut dalam menulis teks iklan.
Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan
kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
cara Cluster Sampling (Area Sampling). Hipotesis pertama yaitu penerapan model
Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks
iklan dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya
data prates kelas eksperimen dengan rata-rata 53. Dari data tersebut dapat diketahui
bahwa kemampuan peserta didik berada dalam taraf kurang mampu dalam menulis
teks iklan. Sementara itu, pada hasil postes menunjukan peningkatan, nilai rata-rata
kelas eksperimen dalam menulis teks iklan menjadi 87 dengan taraf sangat mampu.
Hal tersebut menunjukan peningkatan yang begitu signifikan pada kelas eksperimen
yaitu sebesar 34. Kemudian dapat dilihat juga dari perhitungan mean diperoleh t0,99 =
2,39. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,672,39. Hipotesis kedua
yaitu kendala yang dialami oleh setiap peserta didik dalam menulis teks iklan terbukti
kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan sebanyak 76% mengalami
kendala pada saat membuat logo atau nama perusahaan dalam teks iklan, kemudian
76% masih mengalami kendala dalam membuat foto produk pada teks iklan, dan 45%
masih mengalami kendala dalam membuat kalimat yang menggugah dalam teks
iklan. Dengan demikian penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL)
dapat meningkatkan keterampilan menulis teks iklan.
Kata Kunci: Keterampilan menulis, teks iklan, model Contextual Teaching and
Learning
2018SI0015.C1 | 15 ISM | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain