Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Ma'arij Bojonggenteng Sukabumi.
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Ma'arij Bojonggenteng Sukabumi.

Iismayudin, Acep Risman/032114033 - Nama Orang;

Acep Risman Ismayudin: Penerapan Model Contextual Teaching and Learning
(CTL) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan pada Peserta
Didik Kelas VIII MTs Al-Ma’arij Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi,
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Contextual Teaching and
Learning (CTL) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan pada Peserta
Didik Kelas VIII MTs Al-Ma’arij Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi, serta untuk
mengetahui kendala yang dialami oleh peserta didik dalam menulis teks iklan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, non tes berupa observasi, dan angket.
Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis teks iklan, sementara angket
digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami oleh setiap peserta didik pada saat
proses belajar mengajar menggunakan model tersebut dalam menulis teks iklan.
Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan
kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
cara Cluster Sampling (Area Sampling). Hipotesis pertama yaitu penerapan model
Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks
iklan dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya
data prates kelas eksperimen dengan rata-rata 53. Dari data tersebut dapat diketahui
bahwa kemampuan peserta didik berada dalam taraf kurang mampu dalam menulis
teks iklan. Sementara itu, pada hasil postes menunjukan peningkatan, nilai rata-rata
kelas eksperimen dalam menulis teks iklan menjadi 87 dengan taraf sangat mampu.
Hal tersebut menunjukan peningkatan yang begitu signifikan pada kelas eksperimen
yaitu sebesar 34. Kemudian dapat dilihat juga dari perhitungan mean diperoleh t0,99 =
2,39. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,672,39. Hipotesis kedua
yaitu kendala yang dialami oleh setiap peserta didik dalam menulis teks iklan terbukti
kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan sebanyak 76% mengalami
kendala pada saat membuat logo atau nama perusahaan dalam teks iklan, kemudian
76% masih mengalami kendala dalam membuat foto produk pada teks iklan, dan 45%
masih mengalami kendala dalam membuat kalimat yang menggugah dalam teks
iklan. Dengan demikian penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL)
dapat meningkatkan keterampilan menulis teks iklan.
Kata Kunci: Keterampilan menulis, teks iklan, model Contextual Teaching and
Learning


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 15 ISM
2018SI0015.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
15 ISM
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
ix, 123 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
15 ISM p 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Keterampilan Menulis
Teks Iklan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Hj. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Suhendra, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?