Text
Perbedaan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Melalui Model Discovery Learning : Studi Kurikulum 2013 Melalui Penelitiian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas IV A dan IV C Sekolah Dasar Negeri Cimahpar 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019
iv
ABSTRAK
Endah Sekarwati. 037115229. Perbedaan Hasil Belajar Subtema
Lingkungan Tempat Tinggalku Melalui Model Discovery Learning. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini dengan
desain penelitian kuantitatif jenis Eksperimen Quasi. Tujuan Penelitian
untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Subtema Lingkungan Tempat
Tinggalku melalui penerapan model discovery learning di kelas
eksperimen dan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol.
Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A dan IV-C Sekolah
Dasar Negeri Cimahpar 1 yang terdiri dari 65 peserta didik. Pelaksanaan
penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019.
Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data yang
meliputi uji normalitas galat data, uji homogenitas varians, kemudian
dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, maka terdapat
perbedaan hasil belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku melalui
model discovery learning memperoleh nilai N-Gain 80,8 dengan
ketuntasan hasil belajar 96,9% dan model pembelajaran konvensional
memperoleh nilai N-Gain 70,2 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar
84,8%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan ditolak dan diterima
karena (3,39915) > (1,99834). Berdasarkan penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku melalui model discovery learning
dan model pembelajaran konvensional. Model discovery learning paling
efektif untuk diterapkan.
Kata kunci: Hasil Belajar dan Model Discovery Learning.
2019PGSD0008.C1 | 8 SEK | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain