Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Keterampilan Argumentasi Siswa Tentang Isu-Isu Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri Se-Kecamatan Bogor Barat
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Analisis Keterampilan Argumentasi Siswa Tentang Isu-Isu Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri Se-Kecamatan Bogor Barat

Febriyani, Siti Mas/036113065 - Nama Orang;

Siti Mas Rustianti Febriyani. 036113065. 2018. Analisis
Keterampilan Argumentasi Siswa Tentang Isu-Isu Pencemaran Lingkungan.
Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di Bawah Bimbingan Dr. Nandang
Hidayat, M.Pd. dan Rita Istiana, S.Si, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan
kualitatif. Pendekatan ini dilakukan untuk mendapatkan deskripsi suatu keadaan
tanpa adanya perlakuan terhadap objek yang diteliti mengenai analisis
keterampilan argumentasi tentang isu-isu pencemaran lingkungan di sekolah SMA
Negeri se-Kecamatan Bogor Barat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5
Bogor dan SMA Negeri 10 Bogor. Waktu penelitian dimulai bulan mei 2017
sampai dengan april 2018. Keterampilan berargumentasi diukur dengan 6
komponen yaitu 1) Claim adalah pernyataan tentang apa atau apa nilai yang
dianut orang, 2) Ground/Data adalah bukti yang mejadi titik tolak mendukung
claim merupakan informasi yang diketahui 3) Warrant adalah alasan yang
menghubungkan antara data dan claim, 4) Qualifer/Kualifikasi adalah kondisi-
kondisi yang perlu ada agar claim itu benar dan mewakili keterbatasannya, 5)
Backing/Pendukung adalah asumsi-asumsi dasar yang sering tidak dimunculkan
scara eksplisit karena dianggap telah disepakati bersama memberikan alasan
(Warrant), 6) Rebuttal/Sanggahan adalah pernyataan-pernyataan yang
mengantisipasi keberatan terhadap kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
setiap siswa memiliki variasi level yaitu level 1 sampai level 3. Sebanyak 51,93%
yang masuk kedalam kategori “kurang baik” untuk level 1, sedangkan untuk level
2 memperoleh persentase 43,42% siswa masuk kategori “cukup”, untuk level 3
dengan perolehan persentase sebanyak 4,60% dengan kategori “baik”. Secara
keseluruhan, rata-rata kemampuan berargumentasi siswa kelas XI se-Kecamatan
Bogor Barat setelah diberikan tes argumentasi dapat disimpulkan bahwa
keterampilan argumentasi siswa melalui isu-isu pencemaran lingkungan di SMA
Negeri se-Kecamatan Bogor Barat menghasilkan nilai persentase yang paling
banyak yaitu berada di level 1 dengan persentase 51,97% dan masuk kedalam
kategori “kurang baik”. Rendahnya keterampilan argumentasi siswa karena pada
level 1 siswa hanya meng-claim saja tanpa adanya bukti yang menguatkan
pendapatnya, pembelajaran di kelas yang masih teacher centered sehingga siswa
cenderung pasif saat pembelajaran, siswa belum terbiasa dengan soal-soal yang
membutuhkan argumentasi mengenai suatu permasalahan, siswa yang belum
terbiasa mengungkapkan pendapatnya, serta soal-soal yang diberikan oleh guru
hanya berupa jawaban konvergen yang tidak membutuhkan pendapat siswa.
Kata kunci: Kemampuan Argumentasi Siswa, Isu Pencemaran
Lingkungan


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 65 FEB
2018SB0065
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
65 FEB
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
x, 231 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
65 FEB p 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kemampuan argumentasi siswa
Isu pencemaran lingkungan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Nandang Hidayat, M. Pd. dan Rita Istiana, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?