Skripsi Biologi
Analisis Keterampilan Argumentasi Siswa Tentang Isu-Isu Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri Se-Kecamatan Bogor Barat
Siti Mas Rustianti Febriyani. 036113065. 2018. Analisis
Keterampilan Argumentasi Siswa Tentang Isu-Isu Pencemaran Lingkungan.
Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di Bawah Bimbingan Dr. Nandang
Hidayat, M.Pd. dan Rita Istiana, S.Si, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan
kualitatif. Pendekatan ini dilakukan untuk mendapatkan deskripsi suatu keadaan
tanpa adanya perlakuan terhadap objek yang diteliti mengenai analisis
keterampilan argumentasi tentang isu-isu pencemaran lingkungan di sekolah SMA
Negeri se-Kecamatan Bogor Barat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5
Bogor dan SMA Negeri 10 Bogor. Waktu penelitian dimulai bulan mei 2017
sampai dengan april 2018. Keterampilan berargumentasi diukur dengan 6
komponen yaitu 1) Claim adalah pernyataan tentang apa atau apa nilai yang
dianut orang, 2) Ground/Data adalah bukti yang mejadi titik tolak mendukung
claim merupakan informasi yang diketahui 3) Warrant adalah alasan yang
menghubungkan antara data dan claim, 4) Qualifer/Kualifikasi adalah kondisi-
kondisi yang perlu ada agar claim itu benar dan mewakili keterbatasannya, 5)
Backing/Pendukung adalah asumsi-asumsi dasar yang sering tidak dimunculkan
scara eksplisit karena dianggap telah disepakati bersama memberikan alasan
(Warrant), 6) Rebuttal/Sanggahan adalah pernyataan-pernyataan yang
mengantisipasi keberatan terhadap kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
setiap siswa memiliki variasi level yaitu level 1 sampai level 3. Sebanyak 51,93%
yang masuk kedalam kategori “kurang baik” untuk level 1, sedangkan untuk level
2 memperoleh persentase 43,42% siswa masuk kategori “cukup”, untuk level 3
dengan perolehan persentase sebanyak 4,60% dengan kategori “baik”. Secara
keseluruhan, rata-rata kemampuan berargumentasi siswa kelas XI se-Kecamatan
Bogor Barat setelah diberikan tes argumentasi dapat disimpulkan bahwa
keterampilan argumentasi siswa melalui isu-isu pencemaran lingkungan di SMA
Negeri se-Kecamatan Bogor Barat menghasilkan nilai persentase yang paling
banyak yaitu berada di level 1 dengan persentase 51,97% dan masuk kedalam
kategori “kurang baik”. Rendahnya keterampilan argumentasi siswa karena pada
level 1 siswa hanya meng-claim saja tanpa adanya bukti yang menguatkan
pendapatnya, pembelajaran di kelas yang masih teacher centered sehingga siswa
cenderung pasif saat pembelajaran, siswa belum terbiasa dengan soal-soal yang
membutuhkan argumentasi mengenai suatu permasalahan, siswa yang belum
terbiasa mengungkapkan pendapatnya, serta soal-soal yang diberikan oleh guru
hanya berupa jawaban konvergen yang tidak membutuhkan pendapat siswa.
Kata kunci: Kemampuan Argumentasi Siswa, Isu Pencemaran
Lingkungan
2018SB0065 | 65 FEB | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain