Text
Hubungan Antara Penguasaan Kalimat Persuasif Dengan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Ghazaly Bogor
Novi Nurhayati: Hubungan Antara Penguasaan Kalimat Persuasif dengan
Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah AlAsiyah Al-Ghazaly Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2019.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kalimat
persuasif dengan keterampilan menulis teks negosiasi. Populasi pada penelitian ini
yaitu siswa kelas X Madrasah Aliyah Al-Ghazaly Bogor, dengan jumlah sampel 30
siswa yang diambil dari empat kelas, yaitu X MIA 1, VIII-2, VIII-3 dan VIII-4.
Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan quota random sampling. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik korelasi.
Pengumpulan data dilakukan dengan pilihan ganda dan tes uraian keterampilan
menulis teks negosiasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi
product moment (pearson). Penguasaan kalimat persuasif pada siswa kelas X
Madrasah Aliyah AL-Ghazaly Bogor diperoleh nilai rata-rata sebesar 71, dan
keterampilan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Al-Ghazaly
Bogor dengan nilai rata-rata sebesar 68. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat
hubungan positif antara penguasaan kalimat persuasif dengan keterampilan menulis
teks negosiasi dengan koefisien korelasi lemah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kontribusi penguasaan kalimat persuasif pada keterampilan menulis teks negosiasi
sebesar 0,226 atau dalam taraf lemah. Berdasarkan koefisien korelasi teoretik/tabel
yang terdapat pada tabel korelasi product moment diperoleh keterangan bahwa taraf
signifikan 5% menujukkan 0,374 dan taraf signifikan 1% menunjukkan 0,478 bahwa
rt (5% = 0,361) > (rxy = 0,226) < rt (1% = 0,463) n=30. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara penguasaan kalimat persuasif
(X) dengan keterampilan menulis teks negosiasi (Y) baik pada taraf 5% maupun 1%,
Hₐ diterima, dan H˳ ditolak. Dengan kata lain, 22% penguasaan kalimat persuasif
memberi kontribusi terhadap keterampilan menulis teks negosiasi, sedangkan 78%
lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Kata kunci: Penguasaan Kalimat Persuasif, Teks Negosiasi, Menulis
2019SI0033.C1 | 33 NUR | Rak Skripsi Indonesia | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain