Text
Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Kemandirian Belajar: Studi ini dengan Menggunakan Pendekatan Korelasional Dilaksanakan Di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Irsyad Kota Bogor
iv
ABSTRAK
Ima Yuningsih. 037114312. Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan
Kemandirian Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Penelitian ini menggunakan
pendekatan studi korelasional dengan pola asuh demokratis sebagai
variabel bebas dan kemandirian belajar sebagai variabel terikat. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis
dengan kemandirian belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI
Sekolah Dasar Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Bogor yang terdiri dari 41
siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Data
penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk
setiap variabel. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi
Person Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha
Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas,
Homogenitas, dan Linearitas. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji
coba validitas dan reliabilitas instrumen. Kemudian, hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel pola
asuh demokratis dengan kemandirian belajar analisis statistik yang
menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,757, sedangkan
koefisien determinasi (r2) sebesar 0,5727 atau sebesar 57,27% adapun
sisanya sebanyak 42,73% ditentukan oleh faktor lain dengan melalui
persamaan regresi =(28,67 + 0,64X) bersifat signifikan, dalam
pengertian setiap kenaikan satu unit pola asuh demokratis akan
meningkatkan kemandirian belajar sebesar 0,64. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
positif dan signifikansi antara pola asuh demokratis dengan kemandirian
belajar.
Kata kunci : Pola Asuh Demokratis dan Kemandirian Belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain