Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Kemandirian Belajar: Studi ini dengan Menggunakan Pendekatan Korelasional Dilaksanakan Di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Irsyad Kota Bogor
Penanda Bagikan

Text

Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Kemandirian Belajar: Studi ini dengan Menggunakan Pendekatan Korelasional Dilaksanakan Di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Irsyad Kota Bogor

Yuningsih, Ima/037114312 - Nama Orang;

iv
ABSTRAK
Ima Yuningsih. 037114312. Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan
Kemandirian Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Penelitian ini menggunakan
pendekatan studi korelasional dengan pola asuh demokratis sebagai
variabel bebas dan kemandirian belajar sebagai variabel terikat. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis
dengan kemandirian belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI
Sekolah Dasar Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Bogor yang terdiri dari 41
siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Data
penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk
setiap variabel. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi
Person Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha
Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas,
Homogenitas, dan Linearitas. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji
coba validitas dan reliabilitas instrumen. Kemudian, hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel pola
asuh demokratis dengan kemandirian belajar analisis statistik yang
menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,757, sedangkan
koefisien determinasi (r2) sebesar 0,5727 atau sebesar 57,27% adapun
sisanya sebanyak 42,73% ditentukan oleh faktor lain dengan melalui
persamaan regresi =(28,67 + 0,64X) bersifat signifikan, dalam
pengertian setiap kenaikan satu unit pola asuh demokratis akan
meningkatkan kemandirian belajar sebesar 0,64. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
positif dan signifikansi antara pola asuh demokratis dengan kemandirian
belajar.
Kata kunci : Pola Asuh Demokratis dan Kemandirian Belajar


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
149 YUN
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
xv,154 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
149 YUN h 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Skripsi PGSD
Subjek
Pola Asuh Demokratis dan Kemandirian Belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Suhendra, M.Pd. Dan Drs, Wawan Syahril Anwar, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?