Skripsi PGSD
Penggunaan Media Boneka Jari Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Taman Sari Kabupaten Bogor
Nurul Restiana: Penggunaan Media Boneka Jari dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fabel
Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tamansari Kabupaten Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2018.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media boneka jari dalam meningkatkan keterampilan
menulis cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tamansari Kabupaten, serta untuk mengetahui kendala siswa
dalam menulis cerita fabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik
pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh dari
penggunaan media boneka jari, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa ketika
proses pembelajaran berlangsung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan siswa
kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sample random sampling.
Hipotesis pertama yaitu penggunaan media boneka jari dalam meningkatkan keterampilan menulis cerira fabel dapat
teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh
nilai rata-rata 67,16 dapat diketahui kemampuan siswa cukup mampu dalam menulis cerita fabel, sedangkan hasil
postes memperoleh nilai rata-rata 85,85 dengan taraf kemampuan mampu. Hal tersebut menunjukkan peningkatan
yang signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 18,69. Kemudian dapat dilihat pula dari perhitungan mean
diperoleh harga t0,99 = 2,81. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,67 < 2,81 > 2,39. Hipotesis kedua yaitu
kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis cerita fabel terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang
menyatakan sebanyak 15 siswa (46%) mengalami kendala ketika menentukan judul dalam menulis cerita fabel.
Kemudian 12 siswa (35%) mengalami kendala ketika menyusun kalimat baku/tidak baku. Selain itu, 11 siswa 38%
atau hampir separuhnya mengalami kesulitan dalam menentukan sudut pandang. Dengan demikian penerapan media
boneka jari dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita fabel.
Kata Kunci : Keterampilan menulis, cerita fabel, media boneka jari
2019SI0064.C1 | 64 RES | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain