Skripsi Indonesia
Penerapan Media Realita dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK Taruna Andigha Bogor.
Samsul Hidayat: “Penerapan Media Realita dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK Taruna Andigha Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan media realita dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMK Taruna Andigha Bogor serta untuk mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dala meningkatkan keterampilan menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X AP1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AP3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan media realita dapat meningkatkan keterampilan menulis pada puisi kelas X SMK Taruna Andigha Bogor dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 60,12 cukup mampu, dalam menulis pada puisi, sedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas eksperimen dalam keterampilan menulis puisi meningkat menjadi 83,13 mampu. Hasil perhitungan mean kelas eksperimen dan kelas control dengan menggunakan rumus uji t, berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh data harga t0= 99 dan db = 58 hasilnya 1,682,42 dengan demikian thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan media realita dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMK Taruna Andigha Bogor. Hipotesis kedua yaitu, terdapat kendala yang dialami siswa kelas X SMK Taruna Andigha Bogor dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penerapan media realita. Kendala tersebut dibuktikan dengan adanya hasil analisis angket. Terdapat 24 peserta didik atau 65% yang mengalami kendala dalam menuangkan unsur fisik pada saat menulis puisi. Kemudian 25 peserta didik atau 69% mengalami kendala ketika dikaikan dengan pengalaman pada saat menulis puisi. Ada pula 22 peserta didik atau 65% mengalami kendala dalam membuat rima dalam puisi. Serta 23 peserta didik atau 69% mengalami kendala dalam menyusun larik dan baris pada saat menulis puisi. Dengan demikian media realita dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi meskipun peseta didik masih mengalami kendala dalam menulis puisi diantaranya, menuangkan unsur fisik, dikaikan dengan pengalaman, membuat rima dalam puisi dan dalam menyusun larik dan baris dalam menulis puisi.
Kata kunci: Keterampilan menulis puisi media realita.
2019SI0048.C1 | 48 HID | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain