Skripsi Indonesia
Penerapan Pendekatan Pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, dan Extend) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi Kelas X di SMA Negeri 1 Tamansari Bogor.
Akbar Maulana: Penerapan Pendekatan Pembelajaran ICARE (Introduction,
Connect, Apply, Reflect, dan Extend) dalam Meningkatkan Keterampilan
Menulis Teks Narasi Kelas X di SMA Negeri 1 Tamansari. Program Studi
Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Pakuan Bogor 2019.
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui penerapan pendekatan ICARE
dalam peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis teks narasi serta,
mengetahui kendala yang dihadapi oleh peserta didik dalam menulis sebuah teks
narasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan pengamatan. Populasi dalam
penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tamansari. Sampel penelitian
ini adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas
kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu
Pendekatan pembelajaran berbasis ICARE dapat meningkatkan kemampuan menulis
teks narasi pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Tamansari. Hal tersebut
dibuktikan dengan diperolehnya data tes awal (prates) kelas eksperimen memperoleh
rata-rata nilai prates kelas eksperimen, yaitu 42,5 yang berada pada tingkat penguasaan
kurang baik. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen, yaitu 74,3 yang berada pada
tingkat penguasaan cukup. Nilai rata-rata ini diperoleh berdasarkan pengamatan hasil
observasi di lapangan pada soal-soal prates dan postes mengenai pengetahuan dan
keterampilan menulis teks narasi yang telah diberikan. Hasil perbandingan mean kelas
eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh harga t0=
3,5 dan d.b. = 68 setelah melakukan pengetesan satu skor pada tabel nilai “t”. Nilai d.b.
= 68 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b. yang mendekati, yaitu d.b. 60 dan
diperoleh harga to 0,01 = 2,39 dan harga to 0,05 = 1,67. Dengan demikian, thitung signifikan
karena nilai ttabel < thitung yaitu 1,67 2,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan
yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu terdapat kendala yang
dihadapi oleh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Tamansari dalam membuat teks
narasi. Bedasarkan hasil angket, 10 siswa dengan presentase 27% menjawab tidak
terlalu sering membuat teks narasi. Lalu, 5 siswa dengan presentase 14% menjawab
tidak mudah dalam menyusun ide pokok teks narasi. Selain itu, 11 siswa dengan
persentase 30% berpendapat bahwa tidak mengenal pendekatan pembelajaran ICARE
sebelumnya, 7 siswa dengan persentase 19% berpendapat pembelajaran menggunakan
pendekatan ICARE tidak membantu siswa lebih mudah dalam membuat sebuah teks
cerita, dan 7 siswa dengan persentase 19% berpendapat tidak merasakan perbedaan dari
langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan dengan pembelajaran sebelumnya.
Kata kunci: Keterampilan menulis teks narasi, Pendekatan pembelajaran ICARE
2019SI0076.C1 | 76 MAU | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain