Skripsi Indonesia
Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Diskusi Pada Siswa Kelas IX MTS AL-AMANAH Bogor
Lani Ajeng Crysant: Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Teks Diskusi Pada Siswa kelas IX MTS Al-Amanah
Bogor. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2018.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran AudioVisual dalam meningkatkan keterampilan menulis teks diskusi pada siswa kelas IX
MTS Al-Amanah Bogor, serta untuk mengetahui kendala yang dialami siswa dalam
menulis teks diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan non tes (angket dan observasi).
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX MTS PGRI Al-Amanah Bogor yang
terdiri dari 6 kelas. Sampel yang diperoleh adalah IX-A sebagai kelas eksperimen
dan IX-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara
cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapam media pembelajaran
audio-visual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks diskusi teruji
kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas
eksperimen memperoleh nilai rata-rata 58,53% sedangkan pada hasil postes
memperoleh nilai rata-rata 80,4% dengan taraf kemampuan cukup berhasil. Hal
tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yaitu
sebesar 61,6%. Kemudian dapat dilihat pula dari perhitungan perbedaan mean
diperoleh harga thitung= 3,07 dan db=56. Dari db 60 diperoleh harga t0,05= 2,39 dan
harga t0,01= 1,67 dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga
thitungsignifikan karena nilai ttabel< thitung, yaitu 1,672,39. Hipotesis kedua yaitu
kendala yang dialami oleh siswa dalam menyimpulkan kembali teks diskusi teruji
kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, menyatakan sebanyak 10 siswa (34%)
mengalami kendala dalammenyimpulkan teks diskusi, kemudian menunjukkan 9
siswa (30%) mengalami kendala dalam memecahkan masalah yang diberikan oleh
guru, dan sebanyak 13 siswa (44%) siswa mengalami kendala dalam menuangkan
ide atau pikiran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media
Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Diskusi pada Kelas
IX MTS AL-Amanah Bogor meskipun pada saat menulis teks diskusi siswa masih
mengalami kendala.
2018SI0091.C1 | 91 CRY | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain