Skripsi Biologi
Hubungan Antara Kemampuan Penalaran Formal dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Kelas X se-Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor.
Irsad Solihin. 036112055. 2017. Hubungan Kemampuan Penalaran Formal Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Kelas X se-Kecamatan Bojonggede. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah Bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd, dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan penalaran formal dengan hasil belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2016 sampai dengan bulan Januari 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X se
Kecamatan Bojonggede tahun akademik 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 71 responden. Berdasarkan hasil uji Anava dengan persamaan regresi Ŷ=46,35+0,44x pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai Fhitung sebesar 20,28 sedangkan untuk nilai Ftabel sebesar 3,98, sehingga nilai Fhitung > Ftabel, dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil pengujian koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji-t, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,477, nilai koefisien determinasi 0,227 dan nilai thitung sebesar 5,12, sementara untuk nilai ttabel 1,67, dengan demikian thitung > ttabel, artinya koefisien korelasi antara kemampuan penalaran formal dengan hasil biologi adalah signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan positif antara kemampuan penalaran formal dengan hasil biologi. Besarnya hubungan antara kemampuan penalaran formal dengan hasil belajar biologi yaitu sebesar 22,7%.
Kata kunci : Hasil belajar, Penalaran formal.
2020SB0031.C1 | 31 SOL | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain