Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Hubungan Antara Kemampuan Penalaran Formal dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Kelas X se-Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor.

Solihin, Irsad/036112055 - Nama Orang;

Irsad Solihin. 036112055. 2017. Hubungan Kemampuan Penalaran Formal Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Kelas X se-Kecamatan Bojonggede. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah Bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd, dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan penalaran formal dengan hasil belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2016 sampai dengan bulan Januari 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X se
Kecamatan Bojonggede tahun akademik 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 71 responden. Berdasarkan hasil uji Anava dengan persamaan regresi Ŷ=46,35+0,44x pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai Fhitung sebesar 20,28 sedangkan untuk nilai Ftabel sebesar 3,98, sehingga nilai Fhitung > Ftabel, dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil pengujian koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji-t, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,477, nilai koefisien determinasi 0,227 dan nilai thitung sebesar 5,12, sementara untuk nilai ttabel 1,67, dengan demikian thitung > ttabel, artinya koefisien korelasi antara kemampuan penalaran formal dengan hasil biologi adalah signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan positif antara kemampuan penalaran formal dengan hasil biologi. Besarnya hubungan antara kemampuan penalaran formal dengan hasil belajar biologi yaitu sebesar 22,7%.
Kata kunci : Hasil belajar, Penalaran formal.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 31 SOL
2020SB0031.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
31 SOL
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2020
Deskripsi Fisik
ix, 109 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
31 SOL h 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Hasil Belajar Biologi
Kemampuan Penalaran Formal
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Nandang Hidayat, M.Pd. dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?