Skripsi PGSD
Hubungan Biimbingan Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika: Studi Survei pada siswa kelas V SDN Insan Kamil Bogor
Nurulia Kriskayanti, 037109155. Hubungan Bimbingan Belajar di
Sekolah dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika pada
Siswa Kelas V Sekolah Dasar Insan Kamil Bogor. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Pakuan, Bogor, 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian studi survai yang bertujuan
untuk mengetahui gambaran hubungan antara variabel bimbingan belajar
di sekolah dengan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara
menyebarkan lembar soal matematika dan angket yang berisi pernyataan-
pernyataan yang harus dijawab oleh responden mengenai keadaan dan
objek yang sedang dipelajari.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Insan
Kamil Bogor yang berjumlah 99 siswa yang diambil secara acak,
penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran
2013/2014.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai dari koefisien korelasi
( ) antara variabel bimbingan belajar dengan variabel hasil belajar pada
mata pelajaran Matematika sebesar 0,227 dari persamaan regresi ̂ =
16,925 + 0,048x, yang berarti siswa sebelum guru melakukan bimbingan
belajar, telah memiliki hasil belajar sebesar 16,925 dan setiap kenaikan
satu unit kegiatan bimbingan belajar maka akan meningkatkan hasil
belajar pada mata pelajaran Matematika sebesar 0048 unit. Dari hasil uji
keberartian koefisien korelasi antara kedua variabel menghasilkan
sebesar 2,295 dan dengan melihat tabel diperoleh nilai sebesar
1,660, yang berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
bimbingan belajar dengan hasil belajar pada Mata Pelajaran Matematika
karena nilai dari (2,295) > (1,660).
Penelitian ini berkesimpulan bahwa terdapat hubungan positif dan
signifikan antara bimbingan belajar di sekolah dengan hasil belajar pada
mata pelajaran Matematika dengan tingkat kekuatan hubungan rendah.
2014SPGSD0327.C1 | 327 KRI | Rak Skripsi PGSD (RSPGD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain