Text
Pengaruh Pola AsuhOrang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa: penelitian kuantitatif muylai pendekatan studi kausal pada siswa kelas V sekolah dasar negeri sukamaju 01 kecamatan jonggol kabupaten bogor semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021
Ayuni Rahmawati. 037116143. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap
Kemandirian Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua
terhadap kemandirian belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri
Sukamaju 01 Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor Semester Ganjil
Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi pada penelitian ini adalah 69 siswa
dengan jumlah sampel sebanyak 41 siswa. Data penelitian ini diperoleh
dengan menggunakan instrumen angket untuk kedua variabel. Hasil
penelitian dapat ditunjukkan dari persamaan regresi Ŷ = 14,77 + 0,76X. Hal
ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit variabel pola asuh orang tua
akan menyebabkan peningkatan pada kemandirian belajar siswa sebesar
0,76 unit. Besarnya kontribusi pola asuh orang tua dengan kemandirian
belajar siswa ditunjukkan oleh hasil koefisien jalur sebesar 0,71 dengan
koefisien determinan sebesar 50,41% (r2
= 0,5041) sedangkan 49,59%
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua
terhadap kemandirian belajar siswa pada kelas kelas V Sekolah Dasar
Negeri Sukamaju 01 Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor pada
Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021.
2020SPGSD0106.C1 | 106 RAH | Rak Skripsi PGSD (PGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain