Text
Pengembangan Model Pembelajaran 5E+1 Card Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi
Nuryadi Saputra. 036115013. Pengembangan Model Pembelajaran 5E + I Card Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd., dan Suci Siti Lathifah, M.Pd.
Inovasi model pembelajaran sangat diperlukan dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi jaringan tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga Oktober 2019. Populasi pada penelitian adalah peserta didik Kelas XI IPA SMAN 1 Rumpin tahun akademik 2019/2020. Sampel penelitian yaitu XI IPA 3 yang berjumlah 31 orang peserta didik dan penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Uji coba terbatas pada penelitian ini menggunakan one group pretest-postest tanpa menggunakan kelas kontrol. Berdasarkan hasil validasi pengembangan model pembelajaran dilakukan oleh tiga orang validator yang menunjukkan kriteria valid
dengan tingkat pencapaian 83,3% sehingga pengembangan model layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis N-gain pretest dan posttest menunjukkan rata-rata nilai N-gain 0,6 dengan kriteria sedang dan pada uji t one sampel pada taraf signifikan α= 5% diperoleh nilai thitung > ttabel (2,44 > 2,04) maka hipotesis dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran 5E pada materi jaringan tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
2019SB0075.C1 | 75 SAP | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain