Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan  Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Yang Menggunakan Model  Pembelajaran Problem Discovery Learning (PBL)  dan  Discovery Learning
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Perbedaan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Discovery Learning (PBL) dan Discovery Learning

Irwani, Didik Maulana/036114022 - Nama Orang;

IDIK MAULANA IRWANI. 036114022. Perbedaan Kemampuan Berpiki
Tingkat Tinggi Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dan Discovery Learning. Skripsi. Universitas Pakuan.
Bogor. Dibawah Bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si dan Indri Yani,
M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir
tingkat tinggi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Dengan Discovery Learning pada siswa kelas X MIA SMAN 1 Tegalwaru
Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif – Quasi
Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari hingga bulan Mei
2019. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X
MIA di SMAN 1 Tegalwaru Kabupaten Karawang tahun akademik 2019/2020.
Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIA 1 untuk kelas eksperimen I yang
diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan
jumlah 29 siswa dan kelas X MIA 4 untuk kelas eksperimen II yang diberikan
perlakuan dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 29
siswa. Berdasarkan hasil analisis tes kemampuan berpikir tingkat tinggi
didapatkan data bahwa nilai rata-rata N-Gain kelas perlakuan model Problem
Based Learning sebesar 58,25 sedangkan nilai rata-rata N-Gain pada kelas
perlakuan model Discovery Learning sebesar 55,28. Hasil pengujian hipotesis
dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan = 0,05 (5 %) diperoleh thitung
sebesar 1,71 sedangkan ttabel sebesar 1,67 sehingga diperoleh thitung > ttabel, dengan
demikian hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
kemampuan berpikir tingkat tinggi antara siswa yang belajar menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Disovery
Learning. Diantara kedua model pembelajaran tersebut, bahwa model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih memberikan pengaruh pada
kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa dibandingkan dengan model
pembelajaran Discovery Learning.
Kata kunci : Kemampuan Berpikir tingkat tinggi, Model Problem Based
Learning (PBL), Model Discovery Learning.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) 78 IRW
2019SPGSD0078
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
78 IRW
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2019
Deskripsi Fisik
viii, 231 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
78 IRW p 2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
model discovery learning
Model Problem Based Learning
Kemampuan Berpikir TIingkat tinggi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si. dan Dr. Indriyani, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?