Skripsi PGSD
Perbedaan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Discovery Learning (PBL) dan Discovery Learning
IDIK MAULANA IRWANI. 036114022. Perbedaan Kemampuan Berpiki
Tingkat Tinggi Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dan Discovery Learning. Skripsi. Universitas Pakuan.
Bogor. Dibawah Bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si dan Indri Yani,
M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir
tingkat tinggi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Dengan Discovery Learning pada siswa kelas X MIA SMAN 1 Tegalwaru
Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif – Quasi
Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari hingga bulan Mei
2019. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X
MIA di SMAN 1 Tegalwaru Kabupaten Karawang tahun akademik 2019/2020.
Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIA 1 untuk kelas eksperimen I yang
diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan
jumlah 29 siswa dan kelas X MIA 4 untuk kelas eksperimen II yang diberikan
perlakuan dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 29
siswa. Berdasarkan hasil analisis tes kemampuan berpikir tingkat tinggi
didapatkan data bahwa nilai rata-rata N-Gain kelas perlakuan model Problem
Based Learning sebesar 58,25 sedangkan nilai rata-rata N-Gain pada kelas
perlakuan model Discovery Learning sebesar 55,28. Hasil pengujian hipotesis
dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan = 0,05 (5 %) diperoleh thitung
sebesar 1,71 sedangkan ttabel sebesar 1,67 sehingga diperoleh thitung > ttabel, dengan
demikian hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
kemampuan berpikir tingkat tinggi antara siswa yang belajar menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Disovery
Learning. Diantara kedua model pembelajaran tersebut, bahwa model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih memberikan pengaruh pada
kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa dibandingkan dengan model
pembelajaran Discovery Learning.
Kata kunci : Kemampuan Berpikir tingkat tinggi, Model Problem Based
Learning (PBL), Model Discovery Learning.
2019SPGSD0078 | 78 IRW | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain