Skripsi Biologi
Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Dengan Problem Posing Learning (Ppl) Kelas XI Sma Negeri 1 Pacet.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa antara Model Pembelajaran Problem
Based Instruction Dengan Problem Posing Learning. pada Materi Sistem Pencernaan.
Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan 12 Desember - 31 Desember. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pacet tahun pelajaran 2016/2017.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling.
Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 2 untuk kelas eksperimen yang diberi perlakuan
dengan menggunakan model Problem Based Instruction dengan jumlah 25 siswa dan kelas
XI IPA 3 menggunakan model Problem Posing Learning dengan jumlah 24 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata N-Gain kelompok Problem Based
Instruction sebesar 64,78 dan kelompok Problem Posing Learning sebesar 70,18. Hasil uji-t
pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,51 dan ttabel = 2,01 sehingga diperoleh thitung
> ttabel, dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan hasil belajar biologi siswa antara Model Pembelajaran Problem Based Instruction
dengan Probing Posing Learning. Hasil belajar siswa kelompok Pembelajaran Problem
Posing Learning lebih baik dibandingkan dengan kelompok Problem Based Instruction.
2021SB0015.C1 | 15 DEW | Rak Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain