Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN PERCOBAAN SISWA KELAS IX PGRI 2 BOGOR




Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Maenulis Teks Laporan Pecobaan Siswa Kelas IX SMP PGRI 2  Bogor
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN PERCOBAAN SISWA KELAS IX PGRI 2 BOGOR Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Maenulis Teks Laporan Pecobaan Siswa Kelas IX SMP PGRI 2 Bogor

Rahmayanti, Asri Dwi/032118081 - Nama Orang;

Asri Dwi Rahmayanti . 032118081 Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Percobaan Siswa Keterampilan Menulis Teks Laporan Percobaan. Skripsi. Universitas. Bogor

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode blended learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks laporan percobaan siswa kelas IX SMP PGRI 2 Kota Bogor, serta mengetahui kendala menulis teks laporan percobaan. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan teknik tes, angket, dan observasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui mengetahui peningkatan menulis teks laporan percobaan siswa kelas IX SMP PGRI 2 Kota Bogor, melalui penerapan metode blended learning, sedangkan teknik angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa pada saat menulis teks laporan percobaan. Populasi penelitian ini terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 71 siswa. Sampel penelitian sebanyak 46 siswa yaitu kelas IX – A berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX – B berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama terbukti kebenarannya, penerapan metode blended learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan percobaan. Hal tersebut dapat diamati dari nilai rata-rata blended learning flipped classrom di kelas eksperimen yaitu nilai prates kelas eksperimen 5,5 (kurang mampu) dan nilai pascates mengalami peningkatan yaitu 86% ( sangat mampu), dan nilai pada kelas kontrolpun mengalami peningkatan dengan menggunakan metode blended learning station rotation hasil nilai kelas eksperimen lebih jauh signifikan meningkat dibanding kelas kontrol yaitu nilai rata-rata prates kelas kontrol 50 (kurang mampu) dan nilai rata-rata pascates kelas kontrol 75 (mampu). Berdasarkan hasil perhitungan perbandungan mean dengan menggunakan rumus t-test thitung = 2,66 dan db 44 dengan t0.05 = 1,68 dan t0,01 = 2,41 dan apabila dituliskan menjadi 1,682,41. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan signifikan antara hasil pembelajaran di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil angket menunjukkan bahwa siswa kelas IX SMP PGRI 2 Kota Bogor sebagian siswa masih ada yang mengalami kendala terutama dalam menentukan kaidah kebahasaan teks laporan percobaan 11 siswa mengalami kendala dengan persentase 48% hampir sepenuhnya dan 12 siswa menjawab tidak dengan persentase 52% sebagian besar.


Kata Kunci: Keterampilan menulis, metode blended learning, teks laporan percobaan


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 34 RAH
2022SI0034.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
34 RAH
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2022
Deskripsi Fisik
xi, 189 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
34 RAH p 2022
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Keterampilan Menulis
Metode blended learning
teks laporan percobaan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Prof. Dr. Hj. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?