Skripsi Indonesia
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN PERCOBAAN SISWA KELAS IX PGRI 2 BOGOR Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Maenulis Teks Laporan Pecobaan Siswa Kelas IX SMP PGRI 2 Bogor
Asri Dwi Rahmayanti . 032118081 Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Percobaan Siswa Keterampilan Menulis Teks Laporan Percobaan. Skripsi. Universitas. Bogor
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode blended learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks laporan percobaan siswa kelas IX SMP PGRI 2 Kota Bogor, serta mengetahui kendala menulis teks laporan percobaan. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan teknik tes, angket, dan observasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui mengetahui peningkatan menulis teks laporan percobaan siswa kelas IX SMP PGRI 2 Kota Bogor, melalui penerapan metode blended learning, sedangkan teknik angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa pada saat menulis teks laporan percobaan. Populasi penelitian ini terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 71 siswa. Sampel penelitian sebanyak 46 siswa yaitu kelas IX – A berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX – B berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama terbukti kebenarannya, penerapan metode blended learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan percobaan. Hal tersebut dapat diamati dari nilai rata-rata blended learning flipped classrom di kelas eksperimen yaitu nilai prates kelas eksperimen 5,5 (kurang mampu) dan nilai pascates mengalami peningkatan yaitu 86% ( sangat mampu), dan nilai pada kelas kontrolpun mengalami peningkatan dengan menggunakan metode blended learning station rotation hasil nilai kelas eksperimen lebih jauh signifikan meningkat dibanding kelas kontrol yaitu nilai rata-rata prates kelas kontrol 50 (kurang mampu) dan nilai rata-rata pascates kelas kontrol 75 (mampu). Berdasarkan hasil perhitungan perbandungan mean dengan menggunakan rumus t-test thitung = 2,66 dan db 44 dengan t0.05 = 1,68 dan t0,01 = 2,41 dan apabila dituliskan menjadi 1,682,41. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan signifikan antara hasil pembelajaran di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil angket menunjukkan bahwa siswa kelas IX SMP PGRI 2 Kota Bogor sebagian siswa masih ada yang mengalami kendala terutama dalam menentukan kaidah kebahasaan teks laporan percobaan 11 siswa mengalami kendala dengan persentase 48% hampir sepenuhnya dan 12 siswa menjawab tidak dengan persentase 52% sebagian besar.
Kata Kunci: Keterampilan menulis, metode blended learning, teks laporan percobaan
2022SI0034.C1 | 34 RAH | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain