Skripsi PGSD
Penerapan Metode Multisensori Pada Siswa Disleksia Kelas III SDN Bantar Jati 9 Kota Bogor : Studi Kasus dengan Penelitian Kualitatif Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.
Nur Assyah. 037118036. Penerapan Metode Multisensori Pada Siswa
Disleksia SDN Bantar Jati 9 Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Pakuan Bogor, 2022. Penelitian ini dilaksanakan dengan Pendekatan
Penelitian Kualitatif Studi Kasus. Tujuan dalam penelitian ini untuk
menganalisis Penerapan Metode Multisensori Pada Siswa Disleksia.
Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu siswa kelas III Sekolah Dasar
Negeri Bantar Jati 9 Kota Bogor. Pengumpulan data pada penelitian ini
dilaksanakan dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa disleksia
mengalami kesulitan dalam mengenal huruf. Metode multisensori dapat
membantu siswa disleksia dalam belajar membaca. Adapun modalitas
dalam metode multisensori yaitu berdasarkan VAKT (visual, Auditory,
Kinesthetic, TactilI). Aspek visual terlihat pada saat siswa diminta untuk
melihat kartu huruf, auditory yaitu pada saat guru menyebutkan bunyi huruf
dan diulangi oleh siswa, kinesthetic & tactil adalah saat siswa meraba kartu
huruf dan mengurutkan huruf menjadi sebuah kata. Dengan penggunaan
metode yang tepat bagi siswa disleksia, tentunya akan sangat membantu
mereka agar cepat bisa memahami bacaan.
2022SPGSD0124.C1 | 124 ASS | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain