Skripsi PGSD
Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar : Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas V SDN Siliwangi Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023.
Ira Yunita. 037116058. Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemandirian
Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Pakuan Bogor, 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
pendekatan kausal pada Peserta Didik kelas V Sekolah Dasar Negeri
Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
literasi digital terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas V Sekolah
Dasar Negeri Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Populasi
dari penelitian ini adalah 68 Peserta Didik dengan jumlah sampel sebanyak
40 Peserta Didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh literasi
digital terhadap kemandirian belajar peserta didik ditunjukkan dengan
analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,52. Ini
menunjukkan adanya pengaruh yang kuat antara literasi digital terhadap
kemandirian belajar peserta didik, sedangkan koefisien determinasi (r2)
sebesar 52%. Sisanya sebanyak 48% dipengaruhi oleh faktor lain. Rata-
rata kemandirian belajar pada peserta didik sebesar 52% ditentukan oleh
literasi digital melalui persamaan regresi Ŷ= 14,7 + (0,73X), artinya apabila
literasi digital naik satu unit, maka kemandirian belajar akan mengalami
peningkatan sebesar 0,73 unit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara literasi digital
terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri
Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Literasi Digital, Kemandirian Belajar dan Kausal
2023SPGSD0006.C1 | 06 YUN | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain