Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar : Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas V SDN Siliwangi Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar : Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas V SDN Siliwangi Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023.

Yunita, Ira/037116058 - Nama Orang;

Ira Yunita. 037116058. Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemandirian
Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Pakuan Bogor, 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
pendekatan kausal pada Peserta Didik kelas V Sekolah Dasar Negeri
Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
literasi digital terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas V Sekolah
Dasar Negeri Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Populasi
dari penelitian ini adalah 68 Peserta Didik dengan jumlah sampel sebanyak
40 Peserta Didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh literasi
digital terhadap kemandirian belajar peserta didik ditunjukkan dengan
analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,52. Ini
menunjukkan adanya pengaruh yang kuat antara literasi digital terhadap
kemandirian belajar peserta didik, sedangkan koefisien determinasi (r2)
sebesar 52%. Sisanya sebanyak 48% dipengaruhi oleh faktor lain. Rata-
rata kemandirian belajar pada peserta didik sebesar 52% ditentukan oleh
literasi digital melalui persamaan regresi Ŷ= 14,7 + (0,73X), artinya apabila
literasi digital naik satu unit, maka kemandirian belajar akan mengalami
peningkatan sebesar 0,73 unit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara literasi digital
terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri
Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Literasi Digital, Kemandirian Belajar dan Kausal


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSP) 06 YUN
2023SPGSD0006.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
06 YUN
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2023
Deskripsi Fisik
xii, 155 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
06 YUN p 2023
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kemandirian Belajar
Literasi Digital
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Sandi Budiana, M.Pd. dan Santa, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?