Text
Aktivitas Harian komodo (Varanus Komodoensis) di Taman Safari Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Biologi Berbasis E-Magazine
Teguh Prasetyo. 036120008. Aktivitas Harian Komodo (Varanus komodoensis)
di Taman Safari Indonesia sebagai Media Pembelajaran Biologi Berbasis E-
Magazine. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah Bimbingan Dr. Rita
Istiana, S.Si., M.Pd. dan Lufty Hari Susanto, M.Pd.
Berdasarkan IUCN keberadaan komodo semakin berkurang karena adanya
perburuan dan perdagangan ilegal, dengan ini perlu adanya upaya konservasi untuk
dapat melindungi dan menjaga kelestarian komodo. Keberadaan komodo di kawasan
konservasi in-situ dan ex-situ tentu memiliki perbedaan, salah satu kawasan
konservasi ex-situ yaitu Taman Safari Indonesia, perbedaan di Taman Safari
Indonesia yaitu kondisi kandang dan penempatan komodo yang disesuaikan dengan
kategori usia serta faktor lingkungan seperti suhu dan kelembapan yang berbeda
sehingga menyebabkan adanya perbedaan perubahan aktivitas harian komodo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas harian komodo (Varanus
komodoensis) di Taman Safari Indonesia, dan untuk menghasilkan produk berbasis
E-Magazine mengenai komodo sebagai media pembelajaran biologi kelas X SMA
pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilakukan di kandang exhibit pada
bulan Januari - Februari 2024. Jumlah komodo yang diamati sebanyak 11 individu
yang terbagi dari jantan dan betina. Pengamatan dilakukan dari pukul 09.00-16.00
WIB dengan menggunakan metode Scan sampling. Parameter lingkungan yang
diukur berupa suhu dan kelembapan. Hasil penelitian yang didapatkan dibuat sebuah
media pembelajaran E-Magazine dan dilakukan validasi oleh ahli media, materi, dan
respon guru untuk diuji kelayakannya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan,
terdapat perbedaan persentase aktivitas harian komodo di kandang exhibit. Aktivitas
harian komodo meliputi aktivitas bergerak, ingestif, sosial, istirahat, urinasi dan
defekasi. Hasil pengamatan aktivitas Komodo di dapatkkan hasil pada tiap-tiap
individu memiliki persentase aktivitas yang berbeda-beda. Aktivitas bergerak
memiliki persentase sebesar 48,98%, ingestif sebesar 0,86%, sosial sebesar 2,64%,
istirahat sebesar 66,64%, urinasi dan defekasi sebesar 0,58%. Berdasarkan hasil
validasi ahli dari ahli materi, media, dan respon guru dinyatakan sangat valid dan
layak digunakan peserta didik dengan skor 94% materi, 93% media, dan 97%
responden guru. Diharapkan adanya penelitian lanjutan yang dapat menciptakan
media pembelajaran yang lebih baik.
Kata kunci: aktivitas harian, e-magazine, exhibit, komodo, konservas
2024SB0006.C1 | 06 PRA 2024 | Rak Skripsi Biologi (rak skripsi biologi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain