Skripsi Indonesia
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Genially Pada Materi Teks Tanggapan Kelas VII SMP Kusuma Bangsa Bogor.
Siti Nurhafidzatul Azka. 032120019. Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif Menggunakan Genially pada Materi Teks Tanggapan Kelas VII
SMP Kusuma Bangsa Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah
bimbingan Dr. H. Aam Nurjaman, M.Pd. dan Ruyatul Hilal Mukhtar, M.Pd.
Pengembangan media pembelajaran adalah pengembangan yang dilakukan pada
media pembelajaran. Adapun tujuan dari pengembangan media pembelajaran ini
adalah untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih bervariasi. Penelitian ini
dilakukan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan melihat efektivitas
produk media pembelajaran interaktif menggunakan genially pada materi teks
tanggapan. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu media pembelajaran
interaktif menggunakan genially pada materi teks tanggapan kelas VII SMP
Kusuma Bangsa Bogor. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini
adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan pengembangan diantaranya,
Analyse (analisis), Design (desain) Development (pengembangan), Implementation
(implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan dengan uji coba
terbatas pada siswa kelas VII-3 SMP Kusuma Bangsa Bogor. Teknik pengumpulan
data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu wawancara analisis kebutuhan guru
dan penyebaran angket kebutuhan siswa, lembar validasi ahli, pretest-posttest, serta
angket respon guru dan siswa. Berdasarkan hasil validasi tiga ahli, diperoleh hasil
pada ahli media sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Layak”, ahli bahasa
mendapatkan hasil sebesar 87% dengan kriteria “Sangat Layak”, dan ahli materi
memperoleh hasil sebesar 95%. Kemudian pada hasil pretest dan posttest diperoleh
hasil peningkatan yang signifikan yaitu mendapatkan skor 52 pada pelaksanaan
pretest dan skor 87 pada pelaksanaan posttest. Hasil respon guru mendapatkan skor
yang cukup tinggi sebesar 95%, kemudian pada angket respon siswa memperoleh
hasil sebesar 85%. Keduanya memenuhi kriteria “Sangat Efektif”, sehingga dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan genially pada
materi teks tanggapan kelas VII layak dan efektif, serta dapat digunakan sebagai
salah satu media pembelajaran interaktif pada pembelajaran bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Genially, Media Pembelajaran, model ADDIE, Teks Tanggapan.
2024SE5037.C1 | 27.NUR | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain