Skripsi Indonesia
Penggunaan Model Teams Games Tournament Bermedia Puzzle dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ciomas.
Sinta Dwi Yuliani. 032119044. Penggunaan Model Teams Games Tournament
Bermedia Puzzle Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks
Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ciomas. Skripsi. Universitas
Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Sandi Budiana, M.Pd. dan Roy Efendi,
M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Teams Games
Tournament bermedia Puzzle dalam meningkatkan keterampilan menulis teks
deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ciomas. Penelitian ini dilaksanakan
di SMP Negeri 2 Ciomas, dengan metode penelitian kuantitatif yang bersifat
eksperimen menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design.
Teknik pengumpulan data yang digunakan terbagi ke dalam dua, yaitu tes berupa
prates dan postes, dan nontes berupa angket. Pengambilan sampel ditentukan
dengan secara acak (cluster random sampling). Dari hasil pengambilan sampel
diperoleh kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas
kontrol. Dalam penelitian ini terdapat dua hipotesis, hipotesis pertama yaitu
penggunaan model Teams Games Tournament bermedia Puzzle dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP
Negeri 2 Ciomas yang dapat diuji kebenarannya berdasarkan hasil data yang telah
diperoleh. Hasil yang diperoleh dari perbandingan mean dengan menggunakan
rumus uji-t yaitu diperoleh t-hitung sebesar 6,11 sehingga diperoleh hasil yang
menunjukkan t₀٫₉₅ (0,05) yaitu 1,67 dan t₀٫₉₉ (0,01) yaitu 2,39. Dengan demikian t-
hitung lebih besar dari t-tabel karena nilai t-tabelt-tabel yaitu
1,672,39. Kemudian hipotesis kedua dapat diuji kebenarannya, yaitu
terdapat kendala dalam menentukan kaidah kebahasaan pada saat menulis teks
deskripsi, hal ini dilihat pada hasil angket yang menyatakan bahwa dari 31 siswa,
terdapat 17 siswa dengan persentase 55% yang menjawab “setuju”, sedangkan
sebanyak 9 siswa menjawab “tidak setuju” dengan persentase 29%, lalu sebanyak
4 siswa menjawab “sangat tidak setuju” dengan persentase 13%, dan sebanyak 1
siswa menjawab “sangat setuju” dengan persentase 3%. Hal tersebut menyatakan
bahwa sebagian besar siswa mengalami kendala dalam menentukan kaidah
kebahasaan pada saat menulis teks deskripsi.
Kata kunci: keterampilan menulis, teks deskripsi, model Teams Games
Tournament, media puzzle.
2023SI0053.C1 | 53 YUL | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain