Skripsi Indonesia
Penggunaan Media Buku Pop-Up dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Bogor
Gita Setyani. 032119002. Penggunaan Media Buku Pop-Up dalam
Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP
PGRI 2 Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Stella
Talitha, M.Pd. dan M. Firman Al-Fahad, M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Buku Pop-Up
dalam meningkatkan kemampuan menulis teks fabel serta mengetahui kendala yang
dialami siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis fabel menggunakan media
Buku Pop-Up. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan
angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama terbukti kebenarannya,
penggunaan media Buku Pop-Up dapat meningkatkan keterampilan menulis teks
fabel. Hal tersebut dapat diamati dari nilai rata-rata di kelas eksperimen yaitu nilai
prates kelas eksperimen 52,5 (kurang mampu) dan nilai pascates mengalami
peningkatan yaitu 75,7 (mampu). Nilai pada kelas kontrol pun mengalami
peningkatan dengan menggunakan media puzzle. Hasil nilai kelas eksperimen lebih
signifikan meningkat dibandingkan kelas kontrol, yaitu nilai rata-rata prates di kelas
kontrol 54,6 (kurang mampu) dan nilai rata-rata pascates kelas kontrol 74,4 (cukup
mampu). Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan
rumus t-test thitung = 5,20 dan db = 68. Hasil dari db 68 diperoleh harga t0,05 = 1,66
dan harga t0,01 = 2,38 dan apabila dituliskan menjadi 1,662,38. Hal ini
membuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran di kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Hasil angket menunjukkan bahwa sebagian dari siswa
kelas VII SMP PGRI 2 Bogor masih mengalami kendala dalam menuangkan ide
dengan persentase 37%, menentukan konflik dengan persentase 54%, menyusun
cerita dengan memperhatikan unsur intrinsik dengan persentase 48%, dan menyusun
langkah menulis cerita dengan persentase 46%. Dengan begitu, dapat disimpulkan
bahwa siswa kelas VII SMP PGRI 2 Bogor masih mengalami kendala.
Kata Kunci: keterampilan menulis, media buku Pop-Up, teks fabel
2023SI0010.C1 | 10 SET | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain