Skripsi Biologi
Penerapan pendekatan saintifik dan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar ipa
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa
materi rangka, otot dan pesawat sederhana. Penelitian dilakukan pada bulan
September-Oktober 2014 di kelas VIII B SMP PGRI Bantargadung Kabupaten
Sukabumi tahun akademik 2014/2015 dengan jumlah 37 siswa. Proses penelitian
tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Akhir dari
setiap siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah divalidasi dan diuji
reliabilitasnya. Penelitian ini melibatkan peneliti, observer dan objek yang diteliti.
Berdasarkan hasil refleksi pada tahun sebelumnya didapatkan nilai hasil belajar
IPA siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya sebesar
47,06%. Setelah dilakukan Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), nilai tes hasil belajar IPA
siswa pada siklus 1 mencapai 70,27% dan meningkat menjadi 81,08% pada siklus
2. Antusias siswa pada siklus 1 pertemuan ke-1 mencapai 56,42% dan pada
pertemuan ke-2 meningkat menjadi 64,19%. Pada siklus 2 antusias siswa lebih
meningkat yaitu pada pertemuan ke-1 sebesar 72,30% dan 80,41% pada
pertemuan ke-2. Berdasarkan hasil yang dicapai, penelitian ini menghasilkan
kesimpulan bahwa penerapan pendekatan saintifik dan model pembelajaran
kooperatif tipe think talk write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa
kelas VIII SMP PGRI Bantargadung.
2015SB0004.C1 | 04 JUN p | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain