Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Penerapan pendekatan saintifik dan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar ipa

Juniarti, Rahayu - Nama Orang;

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa
materi rangka, otot dan pesawat sederhana. Penelitian dilakukan pada bulan
September-Oktober 2014 di kelas VIII B SMP PGRI Bantargadung Kabupaten
Sukabumi tahun akademik 2014/2015 dengan jumlah 37 siswa. Proses penelitian
tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Akhir dari
setiap siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah divalidasi dan diuji
reliabilitasnya. Penelitian ini melibatkan peneliti, observer dan objek yang diteliti.
Berdasarkan hasil refleksi pada tahun sebelumnya didapatkan nilai hasil belajar
IPA siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya sebesar
47,06%. Setelah dilakukan Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), nilai tes hasil belajar IPA
siswa pada siklus 1 mencapai 70,27% dan meningkat menjadi 81,08% pada siklus
2. Antusias siswa pada siklus 1 pertemuan ke-1 mencapai 56,42% dan pada
pertemuan ke-2 meningkat menjadi 64,19%. Pada siklus 2 antusias siswa lebih
meningkat yaitu pada pertemuan ke-1 sebesar 72,30% dan 80,41% pada
pertemuan ke-2. Berdasarkan hasil yang dicapai, penelitian ini menghasilkan
kesimpulan bahwa penerapan pendekatan saintifik dan model pembelajaran
kooperatif tipe think talk write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa
kelas VIII SMP PGRI Bantargadung.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 04 JUN p
2015SB0004.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
04 JUN p
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
04 JUN p 2015
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Hasil Belajar IPA
Think Talk Write
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dra. Triasiangrum, S.U. dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?