Text
Penerapan Model Pembelajaran Peer Lessons Berbasis Discovery Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Klasifikasi Benda: PTK pada siswa kelas VII SMPN 1 Dramaga
Riska Dwi Oktavia. 036110097. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Peer
Lessons Berbasis Discovery Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar
IPA Materi Klasifikasi Benda. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah
bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd dan Dra. Triasianingrum Afrikani, SU.
Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research) ini dilaksanakan
karena pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan efektivitas
Pembelajaran yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil
belajar IPA siswa yang meliputi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Penelitian dilaksanakan di kelas VII-3 SMP Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor,
pada bulan Agustus-Oktober 2014, dengan materi klasifikasi benda. Proses
penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus ada 4 tahap: perencanaan
tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap akhir siklus
dilakukan evaluasi dengan instrumen yang telah diuji validitas item tes, uji
reliabilitas item tes, dan tingkat kesukaran butir soal. Hasil penelitian
menunjukkan model Pembelajaran Peer Lessons Berbasis DiscoveryTerbimbing
dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Terlihat dari hasil rata-rata nilai hasil
belajar siswa kelas VII-3 yaitu 69 atau 40% dari 40 siswa. Pada siklus 1 menjadi
76,2 atau sekitar 57% dari 44 siswa. Rata-rata pada siklus 2 meningkat menjadi
80,8 atau sekitar 82% dari 44 siswa. Nilai hasil belajar aspek sikap siklus I sebesar
76,7 dengan persentase pencapaian katagori baik sebesar 68% dan meningkat
pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,8 dengan persentase pencapaian katagori
sangat baik 84%. Penilaian terhadap hasil belajar aspek keterampilan
dilaksanakan pada setiap pertemuan rata-rata hasil belajar aspek keterampilan
pada siklus I sebesar 74 dengan persentase pencapaian kategori cukup sebesar
47,4% dan meningkat pada siklus II sebesar 80 dengan persentase pencapaian
kategori baik sebesar 81,85%. Berdasarkan hasil yang dicapai dapat disimpulkan
bahwa penerapan model Pembelajaran Peer Lessons Berbasis Discovery
Terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA Materi Klasifikasi Benda kelas
VII di SMP Negeri 1 Dramaga.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Peer Lessons, Discovery Terbimbing, Hasil
Belajar Aspek Pengetahuan, Hasil Belajar Aspek Sikap, Hasil
Belajar Aspek Keterampilan.
Tidak tersedia versi lain