Text
Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-ruang kelas
Desain pembelajaran Quantum Teaching bisa terimplementasikan secara menarik dan menyenangkan apabila sejumlah syarat berikut ini terpenuhi, di antaranya: (1) guru wajib memberi keteladanan sehingga layak menjadi panutan bagi peserta didik, berbicaralah yang jujur, jadi pendengar yang baik dan selalu gembira (tersenyum); (2) guru harus membuat suasana belajar yang menyenangkan/kegembiraan: “learning is most effective when it’s fun”. “Kegembiraan” berarti bangkitnya minat, adanya keterlibatan penuh, serta terciptanya makna, pemahaman (penguasaan atas materi yang dipelajari), dan nilai yang membahagiakan pada diri peserta didik; (3) lingkungan belajar yang aman, nyaman dan bisa membawa kegembiraan (pengaturan meja dan kursi diubah dengan berbagai bentuk, beri tanaman, hiasan lain di luar maupun di dalam kelas; pengecatan warna ruangan, meja, dan kursi yang yang menjadi keinginan dan kebanggaan kelas, ruangan kelas dihiasi dengan poster yang berisi slogan, kata mutiara pemacu semangat); (4) guru harus memahami bahwa perasaan dan sikap siswa akan terlibat dan berpengaruh yang kuat pada proses belajarnya. Guru dapat memengaruhi suasana emosi siswa dengan cara: kegiatan-kegiatan pelepas stres, seperti menyanyi bersama, mengadakan permainan, outbond, dan sebagainya, aktivitas-aktivitas yang menambah kekompakan, seperti melakukan tour, makan bersama, dan sebagainya, menyediakan forum bagi emosi untuk dikenali dan diungkapkan, yaitu melalui bimbingan konseling, baik oleh petugas BP/BK maupun guru itu sendiri; (5) memutar musik klasik ketika proses belajar mengajar berlangsung. Namun sekali-kali akan diputarkan instrumental dan bisa diselingi jenis musik lain untuk bersenang-senang dan jeda dalam pembelajaran; (6) sikap guru kepada peserta didik (pengarahan “Apa manfaat materi pelajaran ini bagi peserta didik” dan tujuan, perlakukan peserta didik sebagai manusia sederajat, selalu menghargai setiap usaha dan merayakan hasil kerja peserta didik, memberikan stimulus yang mendorong peserta didik, mendukung peserta 100% dan ajak semua anggota kelas untuk saling mendukung, memberi peluang peserta didik untuk mengamati dan merekam data hasil pengamatan, menjawab pertanyaan dan mempertanyakan jawaban, menjelaskan sambil memberikan argumentasi, dan sejumlah penalaran.
2016MPK00131.C1 | 371.3/DEP/Q | Rak MPK (RM) | Tersedia |
2016MPK00131.C2 | 371.3/DEP/Q | My Library | Tersedia |
2016MPK00131.C3 | 371.3/DEP/Q | Tersedia | |
2016MPK00131.C4 | 371.3/DEP/Q | Tersedia | |
2016MPK00131.C5 | 371.3/DEP/Q | Tersedia | |
2016MPK00131.C6 | 371.3/DEP/Q | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain