Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Konsep Strategi Pembelajaran
Penanda Bagikan

Mata Kuliah Pengembangan Kepri

Konsep Strategi Pembelajaran

Hanafiah, Nanang - Nama Orang; Suhana, Nanang - Nama Orang;

ermasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah masih rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan. Laporan UNESCO tahun 2000, tentang Human Developement Index (HDI), komposisi dari peringkat pencapaian dalam pendidikan, dilaporkan bahwa pada tahun 1999 Indonesia berada pada peringkat ke-109 dari 174 negara, tahun berikutnya keadaan kita lebih terpuruk lagi menjadi peringkat ke - 114 dari 146 negara. Rendahnya HDI menunjukkan rendahnya daya saing bangsa di percaturan global. Indonesia memiliki daya saing yang rendah, yaitu urutan ke-37 dari 57 negara yang disurvei di dunia, bahkan di kawasan ASEAN, SDM kita berada pada urutan ke-7 dari 9 negara di bawah Vietnam yang dulu paling terbelakang. Rendahnya mutu dan relevansi pendidikan tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Diantaranya adalah mutu proses pembelajaran yang belum mampu menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas dan hasil-hasil pendidikan juga belum didukung oleh sistem pengujian dan penilaian yang melembaga dan independen sehingga mutu pendidikan belum dapat dimonitor secara objektif dan teratur. Dalam beberapa hal, proses pendidikan menjadi rutin, tidak menarik, dan kurang mampu memupuk kreativitas siswa untuk belajar secara efektif. Sistem yang berlaku juga kurang memungkinkan bagi guru, kepala sekolah, dan pengelola pendidikan di daerah untuk melaksanakan proses pembelajaran serta pengelolaan belajar inovatif. Akibatnya, sekolah cenderung konservatif, kurang fleksibel dan tidak mudah berubah seiring dengan perubahan dalam lingkungan masyarakat.

Memang tidak mudah melakukan peningkatan mutu pendidikan secara langusng, karena ia memerlukan proses. Strategi terpadu dalam rangka mengatasi permasalahan pemebelajaran khususnya dan pendidikan pada umumnya, pemerintah telah memperkuat kebijakan-kebijakannya dalam rangka menyiasati peningkatan mutu pembelajaran.

Buku ini merupakan fokus dalam upaya hal-hal diatas dan semoga dapat menjawab permasalahan pendidikan di Indonesia yang dapat dijadikan referensi pustaka bagi para calon guru (mahasiswa) maupun bagi para guru sebagai pelaksana pendidikan. Mereka merupaka garda depan peningkatan pembelajaran kepada para peserta didiknya karena guru sebagai pelaku reformasi di dalam kelas (classroom reform) yang harus terus meyiasati membangun kultur belajar siswa dengan konsep: belajar untuk tahu (learning to know); belajar untuk berbuat (learning to do), belajar untuk menjadi sesuatu (learning to be), dan belajar untuk hidup bekerjasama (learning to live together).


Ketersediaan
#
Rak MPK (RM) 371.3 HAN k
2016MPK00137.C1
Tersedia
#
Rak MPK (RM) 371.3 HAN k
2016MPK00137.C2
Tersedia
#
Rak MPK (RM) 371.3 HAN k
2016MPK00137.C3
Tersedia
#
Belum memasukkan lokasi 371.3 HAN k
2016MPK00137.C4
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.3 HAN k
Penerbit
Bandung : PT. Refika Aditama., 2009
Deskripsi Fisik
x,235hlm;16x24
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-1073-70-8
Klasifikasi
371.3 HAN k
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
cet.1
Subjek
Peningkatan kompetensi guru
Makna mutu pembelajaran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?