Mata Kuliah Pengembangan Kepri
Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya
Penelitian tindakan merupakan metode suatu kelompok untuk mengorganisasikan suatu kondisi, di mana peneliti bisa mempelajari pengalaman dan membuat pengalaman mereka bisa diakses orang lain. Ada tiga kelebihan penelitian tindakan dibandingkan penelitian metode lain, yakni peneliti bisa melakukannya tanpa harus meninggalkan tempat ia bekerja, peneliti dapat melakukan perlakuan (treatment) yang diberikan kepada responden dalam penelitian dan responden bisa merasakan hasil perlakuan yang diberikan.
Sederhananya, penelitian tindakan kelas sendiri memiliki pengertian, mencermati kegiatan belajar dengan sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi di sebuah kelas secara bersama. Yang dimaksud kelas disini ialah sekelompok peserta didik di tempat yang sama, mendapatkan pelajaran yang sama, dan pendidik yang sama. Tujuan penelitian tindakan kelas sendiri, yaitu membantu pendidik mengatasi masalah pembelajaran di kelas; meningkatkan sikap profesional pendidik; meningkatkan mutu isi, proses, dan hasil pembelajaran di sekolah; serta menumbuhkan budaya akademik di lingkungan sekolah, sehingga tercipta suasana proaktif dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan. Buku ini dilengkapi dengan uraian yang dijelas, dipandu dengan kesimpulan, latihan, dan glosarium, sehingga memudahkan pembaca memahami isinya.
2016MPK00186.C1 | 370.7 SUK | Rak MPK (RM) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain