Skripsi Indonesia
Penerapan Metode Earth (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest) Untuk Kemampuan Memahami Isi Bacaan Tajuk Rencana Siswa Kelas XI SMAN 9 Bogor
Sinta Anggraeni 2016, “Penerapan Metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Tajuk Rencana Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Bogor” Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XI SMAN 9 Kota Bogor dalam memahami isi bacaan tajuk rencana, penerapan metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest), serta kendala-kendala yang dialami oleh siswa ketika penerapan metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest) dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa. Hal itu ditunjukkan dengan melihat hasil (prates) memahami isi bacaan tajuk rencana yang diperoleh pada kelas eksperimen bahwa 41% siswa kurang berhasil memahami isi bacaan tajuk rencana dengan rata-rata yang diperoleh 41. Pada hasil (postes) memahami isi bacaan tajuk rencana pada kelas eksperimen siswa memperoleh nilai rata-rata 82% dan mengalami peningkatan menjadi berhasil dengan rata-rata yang diperoleh 82. Perbedaan yang signifikan memahami isi bacaan karangan eksposisi antara skor hasil tes sebelum dan sesudah dilaksanakan pembelajaran menggunakan metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest). Dengan penghitungan perbandingan mean, t0 lebih besar daripada 1,672,39. Jadi, metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan tajuk rencana. Dengan demikian terlihat bahwa dengan menggunakan metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest) dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan tajuk rencana.
Kata kunci: Kemampuan memahami isi bacaan, Tajuk rencana, Metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest).
2016SI036.C1 | 36 ANG p | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain