Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Penerapan Metode Earth (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest) Untuk Kemampuan Memahami Isi Bacaan Tajuk Rencana Siswa Kelas XI SMAN 9 Bogor

Anggraeni, Sinta/032112038 - Nama Orang;

Sinta Anggraeni 2016, “Penerapan Metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Tajuk Rencana Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Bogor” Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XI SMAN 9 Kota Bogor dalam memahami isi bacaan tajuk rencana, penerapan metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest), serta kendala-kendala yang dialami oleh siswa ketika penerapan metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest) dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa. Hal itu ditunjukkan dengan melihat hasil (prates) memahami isi bacaan tajuk rencana yang diperoleh pada kelas eksperimen bahwa 41% siswa kurang berhasil memahami isi bacaan tajuk rencana dengan rata-rata yang diperoleh 41. Pada hasil (postes) memahami isi bacaan tajuk rencana pada kelas eksperimen siswa memperoleh nilai rata-rata 82% dan mengalami peningkatan menjadi berhasil dengan rata-rata yang diperoleh 82. Perbedaan yang signifikan memahami isi bacaan karangan eksposisi antara skor hasil tes sebelum dan sesudah dilaksanakan pembelajaran menggunakan metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest). Dengan penghitungan perbandingan mean, t0 lebih besar daripada 1,672,39. Jadi, metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan tajuk rencana. Dengan demikian terlihat bahwa dengan menggunakan metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest) dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan tajuk rencana.
Kata kunci: Kemampuan memahami isi bacaan, Tajuk rencana, Metode EARTH (Explore, Ask, Read, Tell, Harvest).


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 36 ANG p
2016SI036.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
36 ANG p
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2016
Deskripsi Fisik
xii,169hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
36 ANG p 2016
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
memahami isi tajuk rencana
Metode EARTH
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Hj. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Drs. Aam Nurjaman, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?