Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMPN 9 Bogor
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMPN 9 Bogor

Wahyudi, Sofwan/032111119 - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bogor melaui penerapan model Cooperative Integrate Reading and Composition. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan angket. Sampel penelitian ini dalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran Student Teams achievement Divisions. Setelah melakukan penelitian melalui pengumpulan data berupa hasil tes siswa dan angket, maka diperoleh hasil sebagai pembuktian hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil prates keterampilan menulis karangan deskripsi, perolehan nilai rata-rata kelas 74,96 dengan interpretasi cukup dalam menulis karangan deskripsi. Setelah melakukan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, hasil postes keterampilan menulis karangan deskripsi diperoleh nilai rata-rata kelas 85,25 dengan interpretasi baik dalam menulis karangan deskripsi. Berdasarkan hasil penghitungan uji t, diperoleh data harga t0 = 3,39 dan db = 64 setelah dilakukan pengetesan satu ekor, diketahui harga t kritik pada ts 0,05 = 1,67 dan pada ts 0,01 = 2,39 dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,672,39. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa SMP Negeri 9 Bogor.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 34 WAH p
2016SI034.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
34 WAH p
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2016
Deskripsi Fisik
xi,140 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
34 WAH p 2016
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Keterampilan menulis karangan deskripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Hj. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Sandi Budiana, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?