Skripsi Indonesia
Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Metode Brainstorming Siswa Kelas x SMAN 9 Bogor
SAMPE SARI. Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Metode
Brainstorming Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Bogor. Program Studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pakuan Bogor. 2016.
Berbicara merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia, sebab
perbedaan yang paling mencolok antara manusia dengan mahluk lain yakni berbicara
dengan menggunakan bahasa. Berbicara adalah salah satu dari empat keterampilan
berbahasa selain dari keterampilan menyimak, keterampilan membaca, dan
keterampilan menulis. Keterampilan berbicara dalam pembelajaran akan lebih efektif
apabila memanfaatkan metode yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu Brainstorming yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbicara
siswa terutama dalam mengungkapkan pendapat. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui peningkatan kemampuan berbicara dengan metode Brainstrormingsiswa
kelas X SMA Negeri 9 Bogor dan mengetahui penerapanmetode Brainstorming
dalam peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 9 Bogor.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan tes dan angket.
Tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan sesudah
melakukan kegiatan pembelajaran dan angket yang bertujuan untuk mengetahui
penerapan metode Brainstorming. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil
penelitian simpulan yang dapat penulis simpulkan, yakni : metode Brainstorming
dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 9 Bogor. Hal
ini dapat dibuktikan dengan postes siklus I menyampaikan dukungan dengan bukti
pendukung yang awalnya 66,9 dengan persentase ketercapaian sebesar 66% pada
tingkat kemampuan cukup. Pada hasil tes siklus II meningkat menjadi 85,5 dengan
persentase ketercapaian sebesar 85% yang berarti termasuk ke dalam kriteria
baik.Berarti bahwa kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan. Jadi, hasil
analisis menunjukan bahwa setelah pembelajaran menggunakan metode
Brainstorming hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dan penyebaran angket
dan nilai hasil pembelajaran yang didapatkan terbukti metode Brainstorming efektif
dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 9 Bogor.
Kata Kunci : Berbicara, metode Brainstorming
Tidak tersedia versi lain