Skripsi PGSD
Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together dan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament : Studi Eksperimen Quasi di Kelas IVA, IVB SD Negeri Bantarjati 9 Kelurahan Bantarjati Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor dan Kelas IV, V SD Negeri Mekarbuana 01, Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016.
Adelia Marti Pratama. 037112363. Perbedaan Hasil Belajar KognitifIlmu Pengetahuan Alam melalui Penerapan Model PembelajaranKooperatifNumbered Heads Togetherdan Model PembelajaranKooperatifTeams Games Tournament. Skripsi Program Studi PendidikanGuru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UniversitasPakuan Bogor, 2016.Penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen quasi. Bertujuan untukmengetahui perbedaan hasil belajar kognitif hubungan sumber daya alamdengan lingkungannya melalui penerapan model pembelajaran kooperatifnumbered heads together(kelas eksperimen 1), model pembelajarankooperatifteams games tournament(kelas eksperimen 2), dan modelpembelajaran konvensional(kelas kontrol).Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bantarjati 9 kota Bogor.Pada kelas IV A, IV B, dan di SD Negeri Mekarbuana 01 pada kelas IVpada bulan Mei, semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Instrumenyang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal dengankoefisien reliabilitas sebesar 0,91. Teknik analisis yang digunakan yaitu,uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians,kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, maka:1.Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif Ilmu Pengetahuan Alammelalui penerapan model pembelajaran kooperatifnumbered headstogethermemperoleh rata-rata nilaiN-Gain75,15 dan modelpembelajaran konvensional mendapat rata-rata nilaiN-Gainsebesar57,70.2.Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif Ilmu Pengetahuan Alammelalui penerapan model pembelajaran kooperatifteams gamestournamentmemperoleh rata-rata nilaiN-Gain69,65 dan modelpembelajaran konvensional mendapat rata-rata nilaiN-Gainsebesar57,70.3.Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif Ilmu Pengetahuan Alammelalui penerapan model pembelajaran kooperatifnumbered headstogethermemperoleh rata-rata nilaiN-Gain75,15 dan modelpembelajaran kooperatifteams games tournamentmendapat rata-ratanilaiN-Gainsebesar 69,65.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwaterdapat Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Ilmu Pengetahuan Alam melaluiPenenerapan Model Pembelajaran KooperatifNumbered Heads Togetherdan Model Pembelajaran KooperatifTeams Games Tournament, danyang paling efektif adalah model pembelajaran kooperatifnumberedheads together(N-Gain75,15)
2016SPGSD0070.C1 | 70 PRA | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain