Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together dan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament : Studi Eksperimen Quasi di Kelas IVA, IVB SD Negeri Bantarjati 9 Kelurahan Bantarjati Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor dan Kelas IV, V SD Negeri Mekarbuana 01, Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016.

Pratama, Adelia Marti/037112363 - Nama Orang;

Adelia Marti Pratama. 037112363. Perbedaan Hasil Belajar KognitifIlmu Pengetahuan Alam melalui Penerapan Model PembelajaranKooperatifNumbered Heads Togetherdan Model PembelajaranKooperatifTeams Games Tournament. Skripsi Program Studi PendidikanGuru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UniversitasPakuan Bogor, 2016.Penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen quasi. Bertujuan untukmengetahui perbedaan hasil belajar kognitif hubungan sumber daya alamdengan lingkungannya melalui penerapan model pembelajaran kooperatifnumbered heads together(kelas eksperimen 1), model pembelajarankooperatifteams games tournament(kelas eksperimen 2), dan modelpembelajaran konvensional(kelas kontrol).Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bantarjati 9 kota Bogor.Pada kelas IV A, IV B, dan di SD Negeri Mekarbuana 01 pada kelas IVpada bulan Mei, semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Instrumenyang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal dengankoefisien reliabilitas sebesar 0,91. Teknik analisis yang digunakan yaitu,uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians,kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, maka:1.Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif Ilmu Pengetahuan Alammelalui penerapan model pembelajaran kooperatifnumbered headstogethermemperoleh rata-rata nilaiN-Gain75,15 dan modelpembelajaran konvensional mendapat rata-rata nilaiN-Gainsebesar57,70.2.Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif Ilmu Pengetahuan Alammelalui penerapan model pembelajaran kooperatifteams gamestournamentmemperoleh rata-rata nilaiN-Gain69,65 dan modelpembelajaran konvensional mendapat rata-rata nilaiN-Gainsebesar57,70.3.Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif Ilmu Pengetahuan Alammelalui penerapan model pembelajaran kooperatifnumbered headstogethermemperoleh rata-rata nilaiN-Gain75,15 dan modelpembelajaran kooperatifteams games tournamentmendapat rata-ratanilaiN-Gainsebesar 69,65.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwaterdapat Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Ilmu Pengetahuan Alam melaluiPenenerapan Model Pembelajaran KooperatifNumbered Heads Togetherdan Model Pembelajaran KooperatifTeams Games Tournament, danyang paling efektif adalah model pembelajaran kooperatifnumberedheads together(N-Gain75,15)


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSP) 70 PRA
2016SPGSD0070.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
70 PRA
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2016
Deskripsi Fisik
xvii, 329 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
70 PRA p 2016
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Numbered Heads Together
Cooperative Learning Model
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Saur M. Tampubolon, M. Pd dan Dr. Rais Hidayat, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?