Skripsi Indonesia
Hubungan Kecepatan Efektif Membaca dengan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bogor
Restu Fujia Rahmah: Hubungan Kecepatan Efektif Membaca dengan
Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa kelas VIII SMP Negeri 5
Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2016.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan
kecepatan efektif membaca dengan kemampuan menulis karangan eksposisi pada
sisiwa kelas VIII SMP Negeri 5 Bogor. Penelitian ini dilakuakan dengan jumlah
responden 77 dari 9 kelasyang ada dengan jumlah 331 siswa.Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui tes kecepatan efektif
membaca dengan bentuk soal pilihan ganda sebnayak 30 soal dan didapatkan
jumlah valid sebanyak 24 soal. Untuk tes kemampuan menulis karangan eksposisi,
diberikan tes uraian 1 soal dengan 5 kriteria penilaian. Berdasarkan proses
penelitian diperoleh Kecepatan Efektif Membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 5
Bogor berkisar cukup baik dengan memperoleh rentang nilai 37-97. Sedangkan nilai
rata-rata hasil tes kecepatan efektif membaca sebesar 70,48. Dengan demikian,
dilihat dari hasil tes kecepatan efektif membaca, dapat disimpulkan bahwa kelas
VIII SMP Negeri 5 Bogor sebagian besar cukup menguasai kecepatan efektif
membaca.Kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5
Bogor cukup baik dengan memperoleh rentang nilai 47-73. Sedangkan nilai ratarata hasil kemampuan menulis karangan eksposisisebesar 61,52. Selain itu, dapat
diketahui pula nilai median sebesar 70, sedangkan modus dan simpangan baku
sebesar 60. Dengan begitu terdapat hubungan positif yang rendahantara kecepatan
efektif membaca dengan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII
SMP Negeri 5 Bogor. Kekuatan hubungan tersebut berdasarkan hasil perhitungan
analisis data dengan uji Product Moment, diperoleh nilai koefesien nilai (r) dengan
sampel (N=77) sebesar 0,380 pada interval koefesien 0,200-0,399 dengan tingkat
hubungan rendah. Pengujian hasil koefesien kolerasi (r) pada Product Moment dapat
dihubungkan dengan tabel kolerasi Product Moment (rtabel) dengan N = 77. Pada
rtabelProduct Moment dapat diketahui taraf signifikan 5% dan 1% terhadap df = 70
adalah 0,232 dan 0,302. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat
hubungan positif yang rendah antara kecepatan efektif membaca (X) dengan
kemampuan menulis karangan eksposisi (Y) baik pada taraf 5% maupun 1% Ha
diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci: Kecepatan Efektif Membaca, Karangan Eksposisi
Tidak tersedia versi lain