Skripsi PGSD
Hubungan Antara Penguasaan Jenis-jenis Makna Kata dengan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Bogor.
Dewi Rahmawati: Hubungan Antara Penguasaan Jenis-jenis Makna Kata
Dengan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Bogor. Skripsi.
Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2016.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penguasaan jenis-jenis
makna kata dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 8 Bogor.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dari 25% populasi
siswa kelas X SMA Negeri 8 Bogor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes
pilihan ganda dan tes uraian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
korelasi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data dengan uji product moment,
diperoleh nilai koefesien nilai (r) dengan sampel (N=67) sebesar 0,342 pada interval
koefesien 0,200 – 0,399 dengan tingkat hubungan rendah. Pengujian hasil koefesien
kolerasi (r) pada product moment dapat dihubungkan dengan tabel kolerasi product
moment (r-tabel) dengan N = 67. Pada r tabel product moment dapat diketahui taraf
signifikan 5% dan 1% terhadap N= 67 adalah 0,232 dan 0,302. Sehubungan dengan
hasil perhitungan tersebut maka hipotesis tidak ada hubungan antara penguasaan
jenis-jenis makna kata dengan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA
Negeri 8 Bogor ditolak, sebab rhitung lebih besar dari pada rtabel sehingga dapat
diketahui bahwa rt (5% = 0,232) < (rxy = 0,342) > rt (1% = 0,302). Selain itu, jika
dilihat pada tabel penafsiran koefesien hubungan antara penguasaan jenis-jenis makna
kata dengan kemampuan menulis puisi pada interval 0,200-0,399 dengan tingkat
hubungan rendah. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan
terdapat hubungan antara penguasaan jenis-jenis makna kata dengan kemampuan
menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Bogor diterima. Dengan kata lain
34,2% penguasaan jenis-jenis makna kata memberikan kontribusi terhadap
kemampuan menulis puisi, sedangkan 65,8% merupakan variabel lain yang tidak
dikaji dalam penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penguasaan
jenis-jenis makna kata memiliki hubungan rendah dengan kemampuan menulis puisi
siswa.
Kata kunci: Penguasaan jenis-jenis makna kata, kemampuan menulis puisi
Tidak tersedia versi lain