Skripsi Indonesia
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Bogor.
Deni Rochmana 2016, “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated
Reading and Composition dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan
Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Bogor” Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan kendala model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan
keterampilan menulis ringkasan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kota Bogor. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan
teknik tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
mulai XI IPA A sampai XI IPS C. Sampel yang diperoleh adalah XI IPS A sebagai
kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan XI IPS C sebagai kelas kontrol yang
berjumlah 31 siswa. Hipotesis pertama teruji kebenarannya dengan melihat hasil
prates menulis ringkasan yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata
71, sedangkan pada hasil postes menulis ringkasan pada kelas eksperimen dengan
menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition
mengalami peningkatan rata-rata 80, bukti diperkuat dengan perbedaan mean.
Berdasarkan perhitungan diperoleh harga t hitung =2,90 dan d.b = 60. Dengan demikian
nilai t hitung jauh lebih besar dari pada t tabel karena nilai t hitung
Tidak tersedia versi lain