Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Buku PGSD

Sekolah Kreatif

Kurniawan, Heru - Nama Orang;

Sekolah bertujuan mencerdaskan murid. Namun, kenyataannya, saat ini banyak siswa tidak kerasan berlama-lama di lembaga pendidikan karena sekolah sangat membosankan. Dari sinilah, buku memunculkan gagasan tentang sekolah kreatif agar bisa menjadi tempat menyenangkan murid untuk belajar (hlm 5).

Sekolah jangan lagi kelas-kelasnya terkotak pada ruangan, tetapi dalam alam bebas, sosial, sampai kultural (hlm 22). Dengan kelas alam inilah anak-anak akan senang belajar, mengeksplorasi kemampuan memahami dunia.

Belajar mestinya sebagai interaksi intensif dan menggembirakan antara guru dan murid. Proses inilah yang disebut pembelajaran kreatif, di mana penyampaian materi belajar dilakukan dengan bermain (hlm 65). Dalam kegiatan bermain ini siswa belajar secara optimal memahami konsep atau materi.

Interaksi inilah yang menempatkan pendidik dalam belajar: sebagai guru, orangtua, dan teman (hlm 139). Guru berperan menyampaikan materi dan ilmu pengetahuan kepada siswa. Sebagai orangtua, dia mengayomi, melindungi, dan menyayangi siswa. Sedangkan sebagai sahabat, pendidik berperan sebagai teman bermain dan berbagi cerita. Melalui peran inilah, guru akan optimal melaksanakan tugas pembelajaran.

Jika mampu berperan demikian, maka pendidik dapat disebut sebagai guru kreatif yang selalu berperan penting dalam kegiatan belajar. Guru akan mampu membimbing dan mendampingi siswa menjadi murid cerdas, kreatif, dan berkarakter (hal 163) yang merupakan tujuan utama sekolah.

Murid yang cerdas mampu memahami materi pelajaran secara baik. Siswa kreatif mampu mengaktualisasikan bidang keilmuan menjadi aktivitas dan karya kreatif, sehingga karakternya terbentuk dengan baik (hlm 194). Di sinilah sekolah dapat mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif, dan berkarakter.

Buku ini mengajak guru mengadopsi sekolah kreatif dalam praksis kehidupan sehari-hari dala


Ketersediaan
#
Rak PGSD (RP) 370.15 KUR
2016PGSD00072.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370.15 KUR
Penerbit
Yogyakarta : Ar ruzz Media., 2016
Deskripsi Fisik
234 hlm;15x23cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786023130641
Klasifikasi
370.15 KUR s
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
cet. 1
Subjek
Pembealajaran kreatif yang menyenangkan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?