Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: Studi ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SDN Sukmajaya 01 Kecamatan Sukmajaya Kota Depok tahun pelajaran 2016/2017
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: Studi ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SDN Sukmajaya 01 Kecamatan Sukmajaya Kota Depok tahun pelajaran 2016/2017

Rahmawati, Ria/037112095 - Nama Orang;

Ria Rahmawati, NPM. 037112095. Penerapan model pembelajaran discovery
learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam.
Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 01 Kecamatan Sukmajaya
Kota Depok semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Pakuan Bogor. 2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara
kolaboratif antara peneliti dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah
untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi
tumbuhan hijau pada siswa kelas V melalui model pembelajaran discovery learning.
Objek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 01 kelas V yang
terdiri dari 40 siswa, dengan komposisi 20 siswa laki-laki, dan 20 siswa perempuan.
Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata 62,9 dengan
persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 70%, nilai rata-rata hasil belajar siklus
kedua memperoleh nilai 70,1 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar
87,5%. Sedangkan kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama
memperoleh nilai sebesar 74,3% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 94%.
Begitu pula dengan hasil observasi sikap siswa menunjukan adanya peningkatan
pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama yaitu
71%, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,5% dan hasil
observasi keterampilan siswapun meningkat pada siklus pertama memperoleh nilai
rata-rata 64,6 dan meningkat pada siklus kedua menjadi 84,5%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar
Negeri Sukmajaya 01 Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Selain itu model
pembelajaran Discovery Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran,
meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran di kelas serta meningkatkan sikap
dan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Lerning, Ilmu Pengetahuan
Alam


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSP) 158 RAH
2016SPGSD0158.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
158 RAH
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2016
Deskripsi Fisik
xvi,235 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
158 RAH p 2016
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
meningkatkan hasil belajar IPA
model pembelajaran discovery Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Drs. Dadang Kurnia, M.Pd. dan Irvan Permana, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?