Skripsi Indonesia
Penggunaan Metode Group Investigation Dalam meningkatkan Kemampuan Menulis Biografi Siswa Kelas VII SMP IT Al-Madinah Cibinong
Umairo Gemala Sari: Penggunaan Metode Group Investigation dalam
Meningkatkan Kemampuan Menulis Biografi Siswa Kelas VII SMP IT AlMadinah Cibinong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra
Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2016.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode group investigation dalam
meningkatkan kemampuan menulis biografi siswa kelas VII SMP IT Al-Madinah Cibinong,
serta mengetahui kendala siswa saat menulis biografi. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Hipotesis pertama,
yaitu penggunaan metode group investigation dapat meningkatkan kemampuan menulis
biografi siswa kelas VII SMP IT Al-Madinah Cibinong, teruji kebenarannya. Hal ini terlihat
dari hasil tes awal (prates) nilai prates di kelas eksperimen 51,4 sedangkan hasil tes akhir
(postes) nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,3. Hasil tes awal siswa dikelas kontrol
diperoleh nilai rata-rata 48,2 sedangkan pada tes akhir (postes) setelah diterapkan metode
think pair shaire nilai rata-rata siswa sedikit meningkat menjadi 69,4. Berdasarkan data
tersebut dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai siswa yang lebih baik dengan
dengan menggunakan metode group investigation, yaitu 51,4 menjadi 76,3. Berdasarkan hasil
perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga t0 =4,3
harga t0,95 =2,68 dan harga t0,99 =2,42 dengan demikan t0 lebih besar dengan perbandingan
2,682,42. Hal tersebut berarti metode group investigation pada kelas eksperimen dapat
meningkatkan kemampuan menulis biografi. Hipotesis kedua yaitu siswa kelas VII SMP IT
Al-Madinah Cibinong mengalami kendala dalam menulis biografi dengan menggunakan
metode group investigation dapat diuji kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis angket
diperoleh hasil 72% siswa mengalami kendala saat mengembangkan identitas tokoh, 64%
siswa mengalami kendala saat menerapkan kaidah kebahasaan biografi, dan 56% siswa
mengalami kendala saat menuliskan sikap teladan tokoh. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa metode group investigation dapat meningkatkan kemampuan menulis
biografi meskipun siswa masih mengalami kendala.
Kata kunci: Kemampuan menulis, biografi, group investigation
Tidak tersedia versi lain