Skripsi PGSD
Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial
Aisah, 037112466. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada aata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor,
2016.
Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK).
Dilaksankan secara kolaboratif dan dua siklus.Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV melalui penerapan model
pembelajaran Mind Mapping, Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV
Sekolah Dasar Negeri 7 Wanaherang Kecamatan Gunungputri Kabupaten
Bogor sebanyak 31 siswa dengan komposisi laki-laki 20 siswa dan
perempuan 11 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun
pelajaran 2016/2017.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada
siklus I memperoleh nilai rata-rata 78% sedangkan pada siklus II
meningkat menjadi 85%. Begitu pula dengan hasil observasi aktivitas
siswa menunjukan adanya peningkatan pada kekedisiplinan, kerjasama
dan ketelitian dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 71% dan
meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83%. Hasil observasi
keterampilan siswa menunjukkan adanya peningkatan pada aspek
keterampilan dengan nilai rata-rata pada siklus I 70% sedangkan pada
siklus II mengalami peningkatan menjadi 91%. Nilai rata-rata hasil belajar
siswa menunjukan adanya peningkatan yaitu pada siklus I memperoleh
nilai 65% dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 40% dan pada siklus
II memperoleh nilai 77% dengan tingkat ketuntasan 75%.
Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran
Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 7
Wanaherang kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Selain itu model
pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas serta
keterampilan siswa dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial, Model Mind Mapping
Tidak tersedia versi lain