Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial

Aisah/037112466 - Nama Orang;

Aisah, 037112466. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada aata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor,
2016.
Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK).
Dilaksankan secara kolaboratif dan dua siklus.Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV melalui penerapan model
pembelajaran Mind Mapping, Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV
Sekolah Dasar Negeri 7 Wanaherang Kecamatan Gunungputri Kabupaten
Bogor sebanyak 31 siswa dengan komposisi laki-laki 20 siswa dan
perempuan 11 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun
pelajaran 2016/2017.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada
siklus I memperoleh nilai rata-rata 78% sedangkan pada siklus II
meningkat menjadi 85%. Begitu pula dengan hasil observasi aktivitas
siswa menunjukan adanya peningkatan pada kekedisiplinan, kerjasama
dan ketelitian dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 71% dan
meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83%. Hasil observasi
keterampilan siswa menunjukkan adanya peningkatan pada aspek
keterampilan dengan nilai rata-rata pada siklus I 70% sedangkan pada
siklus II mengalami peningkatan menjadi 91%. Nilai rata-rata hasil belajar
siswa menunjukan adanya peningkatan yaitu pada siklus I memperoleh
nilai 65% dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 40% dan pada siklus
II memperoleh nilai 77% dengan tingkat ketuntasan 75%.
Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran
Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 7
Wanaherang kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Selain itu model
pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas serta
keterampilan siswa dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial, Model Mind Mapping


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) 273 AIS p 2016
2016SPGSD273.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
273 AIS p 2016
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2016
Deskripsi Fisik
xvii, 304hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
273 AIS p 2016
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Penge
Model Mind Mapping
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Drs. Dadang Kurnia, M.Pd dan Dr. Rais Hidayat, M.Pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?