Text
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Instruction (PBI) dan Numbered Head Together (NHT): Peneliatian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Bogor
Reisa Fitriyani. 036112014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Intruction (PBI) dan Number Head Together (NHT). Di bawah Bimbingan Ibu Dra. Susi Sutjihati, M.Si. Dan Ibu Indriyani, M. Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti, observer dan objek yang akan diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningktakan hasil belajar. Penelitian dilakukan dikelas XI IPA SMA Muhammadiyah Bogor, pada bulan Februari – November 2016/2017 dengan jumlah siswa 30 orang. Dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Diakhir setiap siklus dilaksanakan tes dengan instrument yang telah di uji validitas dan di uji reliabilitasnya. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, bahwa penerapan model PBI dan NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil evaluasi siklus 1 adalah 63% dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Pada siklus II meningkat menjadi 80%. Berdasarkan hasil yang dicapai dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dan Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Bogor.
Kata kunci : Problem Based Intruction (PBI), Number Head Together (NHT), Hasil belajar
2016SB3.C1 | 3 FIT u 2017 | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain