Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achieevement Division (STAD) Dengan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X di SMA Kornita Bogor
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achieevement Division (STAD) Dengan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X di SMA Kornita Bogor

Ningsih, Sri Ratna/036112001 - Nama Orang;

ABSTRAK
SRI RATNA NINGSIH 036112001. Penerapan Model Pembelajaran Student
Team-Achievement Division (STAD) dengan Media Kartu Bergambar
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Skripsi. Universitas
Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd. dan Rita
Istiana, M.Pd.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek
penelitian sebanyak 37 siswa kelas X-3. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar biologi yang meliputi ranah kognitif dan afektif.
Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap akhir siklus
dilakukan evaluasi dengan instrumen yang telah di uji validitasnya, realiabilitas,
tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa
model pembelajaran Student Team-Achievement Division ( STAD) dengan media
kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi. Pada ranah kognitif
hasil belajar siklus I nilai rata-rata sebesar 76,01 dengan persentase pencapaian
KKM sebesar 72,97% dan pada siklus II meningkat nilai rata-rata 81,06 dengan
presentase pencapaian KKM sebesar 83,78%. Pada ranah afektif siklus I nilai rata-
rata sebesar 74,26 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 75,67% dan
meningkat pada siklus II nilai rata-rata afektif siswa mencapai 78,48 dengan
presentase pencapain kategori baik sebesar 81,08%. Aktivitas belajar siswa pada
akhir siklus I sebesar 74,17% dan peningkatan terjadi pada akhir siklus II hingga
mencapai 80,48%. Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat disimpulkan bahwa
Penerapan Model Pembelajaran Student Team-Achievement Division ( STAD)
dengan Media Kartu Bergambar dapat meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa
di kelas X-3 SMA Kornita Bogor.
Kata kunci: Student Team-Achievement Division (STAD), Media Kartu
Bergambar, Hasil Belajar Biologi


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 04 NIN p 2017
2017SB04.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
04 NIN p 2017
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2017
Deskripsi Fisik
ix, 297
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
04 NIN p 2017
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Hasil Belajar Biologi
Student Teams-Achievement Division (STAD)
Media Kartu Bergambar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Nandang Hidayat, M.Pd dan Rita Istiana, M.Pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?