Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Dan Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa: Penelitian Mixes Methods Explanatory Siswa SMA KORNITA Bogor.
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Perbedaan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Dan Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa: Penelitian Mixes Methods Explanatory Siswa SMA KORNITA Bogor.

Pratiwi, Gita Puspa/036112085 - Nama Orang;

GITA PUSPA PRATIWI. 036112085. Perbedaan Model Pembelajaran
Double Loop Problem Solving (DLPS) dengan Creative Problem Solving (CPS)
Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMA Kornita Bogor. Skripsi.
Universitas Pakusan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, M.S,
dan Drs. Oding Sunardi, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian Mixed Methods Explanatory
kuantitatif-kualitatif yang terdiri dari variabel perlakuan yaitu model pembelajaran
Double Loop Problem Solving (DLPS) dan Creative Problem Solving (CPS) (X)
dan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif siswa (Y). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Perbedaan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving
(DLPS) dan Creative Problem Solving (CPS) terhadap Hasil Belajar Kognitif
Siswa di SMA Kornita Bogor. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret-
september 2016. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-4 sebanyak 25
orang dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran DLPS dan kelas X-1
sebanyak 25 orang dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran CPS
dengan menggunakan teknik “simple ramdom sampling”. Analisi data kuantitatif
dilakukan melalui perhitungan statistik deskriptif, uji prasyarat berupa uji
normalitas menggunakan chi-kuadrat dan homogenitas menggunakan uji Fisher.
Pengujian hipotesis data menggunakan teknik uji-t pada taraf signifikan α 0,05
diperoleh t hitung 3,63 dan t tabel 2,01 sehingga diperoleh nilai t hitung (t o ) > t tabel ,
dengan demikian hipotesis nol (H o ) ditolak dan hipotesis alternatif (H a ) diterima.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model
pembelajaran DLPS dan CPS. Dilakukan analisis data kualitatif menggunakan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kualitatif
menyebutkan terdapat dua faktor yang menyebabkan kurangnya hasil belajar
terhadap model DLPS yaitu penentuan solusi yang tepat dan keterbatasan waktu.
Sehingga hasil belajar kognitif siswa kelompok kelas CPS lebih baik
dibandingkan kelompok kelas DLPS.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Double Loop Problem Solving, Creative
Problem Solving, hasil belajar kognitif siswa


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 75 PRA p 2016
2016SB75.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
75 PRA p 2016
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2016
Deskripsi Fisik
ix, 286hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
75 PRA p 2016
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Model Pembelajaran
Double Loop Problem Solving
Creative Problem Solving
Hasil Belajar Kognitif Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S dan Drs. Oding Sunardi, M.Pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?