Skripsi PGSD
Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tentang Alat Pencernaan Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non Examples
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secarakolaboratif antara peneliti dan kolaborator. Tujuan dalam penelitian ini adalah untukmeningkatkan hasilbelajarmatapelajaran IlmuPengetahuan Alam materi Alat Pencernaan Manusia pada siswa kelas V melalui model pembelajaran kooperatifExamples Non Examples. Obyekpenelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Cibodas kelas V yang terdiri dari 28 siswa, dengan komposisi 10 siswa perempuan, dan 18 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahunpelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas proses pembelajaran pada siklus pertama memperoleh nilai sebesar 68,50% dan pada siklus kedua meningkat 14,00% menjadi 82,50%. Hasil observasiperilaku siswa juga menunjukan adanya peningkatan dengan memperolehnilai rata-rata pada siklus pertama yaitu 71,50%, kemudian ada sikluskedua meningkat 13,00% menjadi 84,50%. Begitu pula dengan hasilbelajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam mengalami peningkatan, pada siklus pertama ketuntasan hasil belajar memperoleh 67,86% dengannilai rata-rata 68,24, pada siklus kedua meningkat 17,85% menjadi85,71% dengan nilai rata-rata 71,00.Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatifExamples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IlmuPengetahuan Alam materi Alat Pencernaan Manusia kelas V SekolahDasar Negeri Cibodas Pacet kecamatan pacet kabupaten Cianjur tahunpelajaran 2016/2017
2016SPGSD322.C1 | 322 RAM p 2016 | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain