Skripsi Biologi
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Organ Pada Manusia dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Square : Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 14 Bogor.
Feni Febriani. 036109047. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Organ Pada Manusia Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Square. Skripsi. Universitas Pakuan, Bogor. Dibawah bimbingan Dra Triasianingrum S.U, dan Dra Susi Sutjhati M.Si.
Penelitian ini termasuk ke dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action resesarch) karena masih rendahnya pencapaian nilai Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sebesar 76 dan efektivitas pembelajaran. Penelitian di lakukan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA yang meliputi ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor. Serta mengetahui efektivitas Penggunaan Pendekatan Saintifik dan model Pembelajaran tipe Think Pair Square. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP N 14 Bogor. Dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Waktu penelitian bulan Juli 2015 - April 2016 dengan materi Sistem Organ. Proses Penelitian dilakukan dalam dua siklus terdiri atas dua pertemuan setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrumen yang telah di validasi dan di uji realibilitasnya. Berdasarkan refleksi pada tahun sebelumnya di dapatkan nilai hasil belajar IPA siswa materi sistem organ hanya sebesar 47%. Setelah dilakukan Penggunaan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Think Pair Square. Nilai rata – rata tes hasil belajar Kognitif siswa pada siklus I mencapai 74,86 dengan Persentase 70%. Pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,67 dengan persentase 86,67%. Nilai rata – rata hasil belajar Afektif pada siklus I mencapai 78 dengan persentase pencapaian 70%. meningkat menjadi pada siklus II dengan nilai 80 dengan persentase pencapaian 87%. Hasil belajar Psikomotor pada siklus I 74,6 dengan persentase 63%. Mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 79 dengan persentase 93%. Berdasarkan hasil yang di capai penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Penggunaan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Think Pair Square. dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP N 14 Bogor.
2017SB0010.C1 | 10 FEB | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain