Mata Kuliah Pengembangan Kepri
Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013
Perseteruan tingkat elit politik hingga lapisan bawah terus saja mewarnai kehidupan berbangsa. Kita sering sekali berhadapan dengan berbagai konflik yang mengedepankan kekerasan. Masalah-masalah kehidupan berbangsa saat ini tidak terlepas dari peran pendidikan di sekolah. Oleh sebeb itu, pada tahun 2013 lalu, pemerintah mencoba menawarkan kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013.
Namun kehadiran kurikulum 2013 dipandang dengan penuh kecurigaan yang dianggap hanya sebagai kepentingan berbagai pihak. Berbagai prasangka telah membuat mata tertutup untuk melihat sisi positif dari kurikulum 2013 ini. Setelah diujicobakan ternyata kurikulum 2013 masih terdapat banyak guru, peserta didik dan kepala sekolah kebingungan dalam hal implementasinya. Ini terjadi karena kurangnya pemahaman terhadap implementasi yang sesungguhnya.
Dalam buku ini, Mulyasa menyajikan secara sederhana dan mudah dipahami bagamaima yang seharusnya dilakukan dalam implementasi kurikulum 2013. Kehadiran buku ini bisa menjawab berbagai pertanyaan mengenai kurikulum 2013, dengan membaca setiap bab dari
buku ini. Dalam buku ini dijelaskan dan dijabarkan secara rinci mengenai visi dan misi kurikulum 2013, pengembangan kurikulum 2013, implementasi kurikulum 2013, penataan penilaian dalam implementasi kurikulum 2013, dan inovasi kurikulum 2013 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013.
Pada halaman 172 dipaparkan bagaimana perbedaan yang esensial mengenai kurikulum SD, SMP, SMA/SMK pada kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2013 ini juga memberikan ruang kreativitas bagi para peserta didik. Peserta didik diarahkan melakukan observasi kecil-kecilan dan dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran. Kemandirian sangat penting bagi peserta didik karena banyak diantara peserta didik yang kebingungan setelah keluar atau menyelesaikan sekolahnya, tidak sedikit yang menjadi pengangguran bahkan banyak yang terlibat dengan berbagai masalah di dalam masyarakat.
Pada halaman 108-109, Mulyasa secara khusus menjelaskan pembelajaran berbasis kompetensi dalam kurikulum 2013. Disini juga disajikan berbagai pendekatan-pendekatan berbagai pembelajaran yang dapat diintergrasikan dalam kurikulum 2013, sehingga pembelajaran tidak terasa kaku dan lebih menyenangkan. Implementasi kurikulum 2013 ini perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak, terutama guru dan kepala sekolah.
Kehadiran buku ini bisa memandu para pihak yang tersangkut langsung dengan kurikulum 2013. Buku ini membuka pengetahuan tentang bagaimana mengimplementasikan kurikulum 2013. Buku ini layak dibaca oleh kepala sekolah, guru, dan pihak-pihak yang terlibat dan bertanggung jawab terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia.
2017MPK00050.C1 | 375 MUL | Rak MPK (RMPK) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain