Skripsi PGSD
Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition: Studi ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas V SDN Ciluar 03 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran2016/2017
Syafira Rully Fajrin, 037113194. Peningkatan Keterampilan Menulis
Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menerapkan Model
Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition siswa
kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciluar 03 Kota Bogor Tahun Pelajaran
2016/2017.
Penelitian ini dengan pendekatan penlitian tindakan kelas yang
dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan penelitian ini,
untuk mengetahui perbaikan proses dan hasil keterampilan menulis siswa
pada materi menulis laporan kunjungan mata pelajaran Bahasa Indonesia
siswa kelas V dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative
Integrated Reading and Composition.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri
Ciluar 03 Kota Bogor sebanyak 40 siswa, dengan jumlah laki-laki
sebanyak 20 siswa dan jumlah perempuan sebanyak 20 siswa.
Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun
pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, satu kali pertemuan
terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Akhir dari setiap siklus dilaksanakan
penilaian pelaksanaan pembelajaran menunjukan adanya peningkatan
ndengen memperoleh nilai pada siklus pertama yaitu 74,59 , sedangkan
pada siklus kedua yaitu 81,045. Begitu pula dengan observasi siswa
menunjukan adanya peningkatan keberanian, kerjasama, dan tanggung
jawab dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama 70,7 dan
pada diklus kedua 80,1. Begitu pula dengan dengan ketuntasan hasil
keterampilan menulis laporan kunjungan pada siklus pertama memperoleh
nilai dengan rata-rata 68,42 dan siswa yang tuntas sebanyak 19 orang
(47,5%) termasuk ke dalam kategori belum berhasil, sedangan pada
siklus kedua memperoleh nilai dengan rata-rata 83,72 dan siswa yang
sudah tuntas sebanyak 35 orang (87,5%) termasuk ke dalam kategori
berhasil.
Penelitian ini berkesimpulan, bahwa penerapan model pembelajan
Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan
keterampilan menulis siwa pada materi menulis laporan kunjungan, mata
pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri
Ciluar 03 Kota Bogor. Selain tu model pembelajaran Cooperative
Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan perubahan
perilkau siswa dalam aspek, keberanian, kerjasama, dan tanggung jawab.
2017SPGSD0045.C1 | 45 FAJ p | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain